Internasional

Mantan Presiden Yaman Tawarkan Rusia Untuk Gunakan Pangkalan Udara di Negaranya

Senin, 22 Agustus 2016,

YAMAN, ARRAHMAHNEWS.COM – Mantan Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh menawarkan kepada Rusia untuk menggunakan pangkalan udara Yaman, setelah sebelumnya Iran memberikan izin kepada Rusia untuk menggunakan pangkalan udaranya.

Ali Abdullah Saleh, mengatakan sebuah dewan gubernur yang baru terbentuk di Yaman bisa bekerjasama dengan Rusia untuk memerangi teroris. Caranya dengan memungkinkan Moskow menggunakan pangkalan militer negara yang dilanda perang itu. (Baca: Pemerintah Yaman Amini Rusia Bangun Dua Pangkalan Militer)

Saleh mengatakan Yaman siap untuk memberikan akses ke udara dan pangkalan angkatan laut kepada Moskow. “Dalam memerangi terorisme kita menjangkau dan menawarkan semua fasilitas,” katanya kepada saluran televisi Russia24.

“Bandara kami, pelabuhan kami. Kami siap untuk memberikan ini untuk federasi Rusia,” seperti disitir dari Reuters, Senin (22/8/2016).

Ali Abdullah Saleh sudah tidak lagi menjabat sebagai presiden Yaman pasca aksi protes pada 2011 lalu. Namun, sejumlah pejabat Yaman yang menjalani dewan politik bersama kelompok Houthi berasal dari partai yang dipimpin olehnya. (Baca: Dokumen Rahasia Upaya Pembunuhan Presiden Yaman Oleh Saudi Terungkap)

Sebelumnya, pada minggu lalu, untuk pertama kalinya Iran membiarkan jet-jet Rusia terbang dari wilayahnya untuk mengebom kelompok bersenjata di Suriah. Iran memberikan izin kepada Rusia untuk menggunakan pangkalan udara Hamdan. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: