Nasional

Mahfud MD: Pesan-pesan Gaib Gus Dur

Kamis, 07 September 2017 – 18.52 Wib,

SALAFYNEWS.COM, JAKARTA – Nama KH Abdurrahman Wahid atau yang lebih dikenal dengan panggilan Gus Dur tidak sekadar mengingatkan orang pada sosok Presiden keempat Republik Indonesia. Ada banyak interpretasi orang saat mendengar pria bernama lengkap Abdurrahman Wahid tersebut.

Baca: Ramalan Gus Dur Terbukti, Infiltrasi Islam Garis Keras ke Muhammadiyah

Beberapa akan langsung teringat pada organisasi Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama. Sebagian lagi mungkin mengingat Gus Dur sebagai seorang tokoh pluralis di Indonesia. Namun, itu hanyalah sebagian kecil tentang Gus Dur. Bagi orang-orang terdekatnya, Gus Dur dikenal sebagai sosok yang memiliki banyak  kemampuan khusus, yang mungkin tidak dimiliki oleh orang lain.

Mohammad Mahfud MD dalam bukunya yang berjudul “Setahun Bersama Gus Dur”, menceritakan sedikit tentang kemampuan khusus yang dimiliki pria kelahiran Jombang, Jawa Timur, pada 7 September 1940 tersebut.

Melalui goresan tangannya, Mahfud membahas tentang masalah gaib yang terjadi di seputar Gus Dur. “Jangan lupa, banyak warga Nahdhiyin (para pengikut NU) sekarang ini yang masih menganggap Gus Dur itu mempunyai kemampuan gaib, bahkan Wali,” tulis Mahfud dalam bukunya.

Baca: Alissa Wahid Dilecehkan, Ketum Ansor Gus Yaqut Pasang Badan

Menurut Mahfud, anggapan banyak orang itu dikaitkan dengan kemampuan Gus Dur yang luar biasa dalam memahami dan menganalisis berbagai masalah. Belum lagi sepak terjangnya yang dianggap aneh dan nyeleneh, mirip kisah kaum sufi yang saleh, lucu dan menggemaskan seperti Abu Nawas.

Pesan-pesan gaib

Mantan Menteri Pertahanan di era pemerintahan Gus Dur itu pernah mendengar secara langsung masalah-masalah gaib yang terjadi pada Gus Dur. Hal itu diceritakan Gus Dur saat suatu waktu Mahfud diundang untuk menikmati sarapan pagi di Istana Negara.

Menurut Mahfud, salah satunya Gus Dur bercerita tentang pertemuannya dengan Mbah Hasyim (pendiri NU) dan Sunan Kalijaga. Saat itu, Gus Dur mengatakan bahwa kedua tokoh tersebut telah mengabarkan tentang akan terjadinya beberapa hal di Indonesia.

Menurut Mahfud, Gus Dur juga mengatakan bahwa kedua tokoh itu memberikan gambaran tentang situasi yang akan terjadi di Indonesia dan memberitahu sikap apa yang harus dipilih Gus Dur sebagai pemimpin. Kata-kata Gus Dur tersebut setidaknya membuat Mahfud percaya bahwa Gus Dur kadangkala membuat keputusan berdasarkan isyarat gaib.

Baca: Gus Mus Bela Alissa Wahid Karena Ejekan Netizen “Anak Si Buta”

“Saya percaya bahwa Gus Dur memercayai masalah gaib yang bukan sekadar diartikan wujud dan kekuasaan Allah, melainkan kegaiban dalam arti terjadi hal sehari-hari yang sulit dipahami oleh pikiran biasa,” kata Mahfud.

Ilmu dan pola pikir

Hasyim Wahid alias Gus Lim, adik Gus Dur pernah memberi klarifikasi. Dia berkata bahwa kehebatan Gus Dur dalam memahami dan menganalisis berbagai hal bukanlah tanpa sebab. Bukan juga karena Gus Dur seorang Wali.

Menurut dia, kemampuan itu lahir karena Gus Dur sangat kaya dengan informasi. Sejak kecil, Gus Dur sudah membaca berbagai jenis buku yang cukup berat dipahami dan dalam berbagai bahasa. Buku-buku mulai dari soal agama, sejarah, politik, olahraga, seni, bahkan sampai humor dari berbagai bangsa, ikut memperdalam ilmu dan membentuk pola pikir Gus Dur. (SFA)

Sumber: Kompas

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: