Fokus

Mahfud MD: Kemenpora Bisa Rampas Aset dan Pidanakan Roy Suryo

Mahfud MD dan Roy Suryo
Foto Roy Suryo dan Mahfud MD

JAKARTA – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Prof Mahfud MD menegaskan, pemerintah harus bersikap tegas dengan merampas, bahkan mempidanakan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo.

Ia menuturkan, perampasan dan pemidanaan tersebut bisa dilakukan Kemenpora kalau Roy Suryo tak kunjung mengembalikan 3.226 unit aset negara.

Baca: Surat Terbuka Dosen UGM ‘Damprat’ Roy Suryo

“Kalau itu aset negara, memang harus diambil dengan cara suruh mengembalikan suka rela. Kalau tidak mau, ya dirampas oleh negara. Lalu bisa dipidanakan dengan tuduhan penggelapan atau pencurian,” kata Mahfud MD seusai menghadiri acara Dialog Kebangsaan Indonesia Merdeka, Indonesia Beradab di Universitas Islam Indonesia, Rabu, (5/9/2018).

Mahfud MD mengakui tak mengetahui detail kasus Roy Suryo. Namun, ia meminta agar ada penjelasan secara terbuka dari Roy Suryo maupun Kemenpora ketika semua barang-barang tersebut dikembalikan.

Baca: Eko Kuntadhi: Surat Sakti ‘Perpres 5/2017’ Jokowi di Asian Games

“Saya tidak tahu kasusnya benar atau tidak, saya kira harus dijelaskan, kalau milik negara harus dikembalikan,” ujarnya.

Bagi Mahmud MD, seorang pejabat tidak pantas dan tak dibolehkan mengambil barang-barang negara, sekecil apa pun. “Menurut saya tidak boleh pejabat mengambil barang-barang milik negara sekecil apa pun,” tandasnya.

Baca: Di Depan Pejabat dan Pengunsi, Jokowi: Jangan Ada Serupiahpun Dana Bantuan Gempa Lombok Dipotong

Sebelumnya diberitakan, Kemenpora menerbitkan surat ketiga untuk mantan Menpora Roy Suryo yang juga kader Demokrat karena dianggap belum mengembalikan ribuan barang milik negara. Permintaan untuk mengembalikan aset negara itu, tertuang dalam surat Kemenpora bernomor 513/SET.BIII/V/2018 tertanggal 1 Mei 2018. (SFA)

1 Comment

1 Comment

  1. Ffff

    September 6, 2018 at 11:04 am

    ternyata oh ternyata…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: