Headline News

Lihat Lebih Dekat Produksi Senjata ISIS di Mosul Irak

Jum’at, 19 Mei 2017

SALAFYNEWS.COM, MOSUL – ISIS merilis sebuah video propaganda baru dari kota Mosul, Irak. Rekeman Video tersebut dibuat oleh teroris ISIS asal Prancis, Amerika Serikat dan Rusia, dan menampilkan pertempuran di Mosul dari sisi ISIS. Namun, yang terpenting adalah penampakan beberapa senjata buatan ISIS dan lokakarya senjata ISIS.

This slideshow requires JavaScript.

Salah satu senjata paling menarik yang terungkap dalam video tersebut adalah peluncur roket ISIS DIY yang terkenal dan aktif digunakan saat pertempuran Mosul.

Di video tersebut, kita bisa melihat bahwa wadah roketnya terbuat dari aluminium. Setidaknya ada 4 jenis peluncur roket, termasuk versi daya ledak tinggi dan anti baja.

This slideshow requires JavaScript.

Dipercaya bahwa peluncur roket ini menggunakan selongsong dari jenis PG-9 \ OG-9 yang dirancang untuk Recoilless Rifle SPG-9. Beberapa varian peluncur mungkin berisi selongsong dari jenis PG-15 \ OG-15 yang dirancang untuk pistol semi otomatis 2A28 Grom smoothbore (yang digunakan dalam kendaraan BMP-1).

Pilihan lain mungkin adalah roket udara ke darat S-5 buatan Soviet. ISIS merebut banyak roket S-5 di pangkalan militer Menagh, pangkalanm militer Jirah dan pangkalan militer Tabqah di Suriah pada 2013-2014.

This slideshow requires JavaScript.

Kejutan lain dari video tersebut yang perlu diketahui adalah ISIS membuat salinan dari Recoilless Rifle SPG-9 dan peluncur RPG-7.

Video tersebut juga menunjukkan bagaimana ISIS membuat bom DIY kecil yang bisa ditembakkan dari senapan AK atau bisa dijatuhkan oleh pesawat tak berawak.

Dalam video itu ISIS menunjukkan bagaimana anggotanya mengaktifkan kembali sistem pertahanan udara SA-7 untuk melawan helikopter Angkatan Udara Irak dan koalisi UAV yang dipimpinan AS. Gerilyawan ISIS menyambungkan rudal tersebut ke baterai eksternal, sebuah teknik yang digunakan sebelumnya oleh HAMAS di Gaza.

Dipercaya bahwa Helikopter Irak ditembak jatuh bulan lalu oleh ISIS disekitar Mosul dengan menggunakan senjata jenis ini.

This slideshow requires JavaScript.

ISIS juga menunjukkan sebuah stasiun senjata jarak jauh yang dikendalikan dengan remot (RCWS) yang tampaknya terbuat dari W-85-HMG Cina yang dimodifikasi (dengan moncong menyerupai senapan sniper Styer HS.50). ISIS RCWS dilengkapi dengan kamera CCD dan tampaknya memiliki dua lampu InfraRed yang memberi kemampuan penglihatan pada malam hari.

Senjata DIY lainnya yang dibuat oleh ISIS adalah kendaraan darat tak berawak (UGV) yang dipersenjatai dengan sebuah ranjau anti-tank (kemungkinan berasal dari jenis ranjau anti-tank Soviet), sebuah teknik lama yang digunakan dalam Perang Dunia II dan terbukti tidak praktis.

This slideshow requires JavaScript.

Video menunjukkan UAV (dengan manusia dalam kontrol loop) DIY yang sedikit besar dan dikendalikan meledak dari jarak jauh. Ini digunakan oleh ISIS untuk menargetkan sebuah perkumpulan pejuang Irak di luar Mosul.

Rilisan video tersebut mencakup saat-saat serangan ISIS VBIED terhadap tentara Irak di Mosul. Ini juga memungkinkan untuk melihat bagaimana ISIS menggunakan pesawat tak berawak untuk melihat posisi tentara Irak kemudian membimbing pengemudi VBIED ke arahnya dari jalan teraman. Dan memastikan video merekam keseluruhan serangan untuk digunakam nanti dalam propaganda.

This slideshow requires JavaScript.

Video tersebut merupakan konfirmasi lain bahwa ISIS masih merupakan ancaman utama bagi keamanan di wilayah Timur Tengah dan seluruh dunia. Kelompok ini mampu mengembangkan atau memproduksi senjata buatan sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia.

Dalam video tersebut, ISIS juga meminta para pendukungnya di dunia untuk melakukan serangan terhadap “orang-orang yang tidak beriman” dimanapun mereka berada. [Sfa]

Sumber: Southfront.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: