Fokus

Lewat Telpon, Erdogan dan Putin Sepakat Pentingnya Kedaulatan Suriah

Erdogan dan Vladimir Putin

ANKARA – Presiden Turki Erdogan dan mitranya dari Rusia, Vladimir Putin, telah menggarisbawahi pentingnya kedaulatan dan pencapaian Suriah yang diperoleh dalam perundingan perdamaian Astana untuk solusi politik di Suriah, seperti dilansir PressTv (29/05).

Baca: Pertemuan Putin dan Erdogan di Kremlin bahas Suriah

Menurut kantor berita resmi Turki Anadolu, Erdogan dan Putin menekankan kedaulatan dan integritas teritorial Suriah, serta menekankan bahwa baik Damaskus dan kelompok oposisi harus bertindak secara konstruktif untuk kemajuan proses perdamaian dalam kerangka PBB.

Proses perdamaian Astana secara signifikan telah membantu mengurangi kekerasan di Suriah melalui pembentukan empat zona de-eskalasi di negara itu, dan menyiapkan panggung bagi pihak-pihak yang berperang di Suriah untuk fokus pada negosiasi tentang masa depan politik tanah air mereka.

Baca: Kecewa Kepada Trump, Erdogan Dekati Putin

Negosiasi di Astana telah berlangsung bersamaan dengan serangkaian pembicaraan lain yang diadakan di Jenewa, Swiss, dan ditengahi oleh PBB. Putaran negosiasi sebelumnya di bawah naungan badan dunia selama lima tahun terakhir telah gagal mencapai hasil yang nyata.

Baca: Wawancara Ekslusif Erdogan dengan Televis Rusia, Turki Butuh Rusia di Timur Tengah

Erdogan juga menegaskan kembali penentangan kuat Ankara terhadap masuknya kelompok-kelompok yang konon terkait dengan “teroris” Partai Pekerja Kurdistan (PKK) di cabang Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) di dalam proses politik. Ankara memandang YPG sebagai cabang PKK Suriah yang telah memperjuangkan wilayah otonom di Turki sejak 1984. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: