Headline News

Lembaga Bantuan Internasional Serukan Penyelamatan Warga Yaman

Selasa, 25 April 2017 – 07.32 Wib,

SALAFYNEWS.COM, YAMAN – Badan-badan bantuan internasional menuntut dukungan untuk menyelamatkan jutaan warga sipil di Yaman, yang berjuang mengatasi kelaparan dan penyakit setelah kampanye perang Arab Saudi yang mengerikan. (Baca: Perang Barbar Saudi di Yaman Hanya Ciptakan Kehancuran Islam)

Pada hari Senin, Oxfam yang berbasis di Inggris mendesak negara-negara donor untuk memberikan bantuan kepada orang-orang Yaman.

“Banyak daerah di Yaman berada di ambang kelaparan, dan penyebab kelaparan ekstrim,” katanya dalam sebuah pernyataan menjelang konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa di Jenewa untuk meminta janji bantuan untuk Yaman.

Organisasi amal Inggris berpendapat bahwa pemerintah Barat berpartisipasi dalam omong kosong tersebut “sementara mereka terus menjual miliaran dolar senjata dan peralatan militer kepada pihak-pihak yang terlibat dalam konflik tersebut.”

Krisis pangan bisa semakin memburuk, jika masyarakat internasional gagal mengirim pesan yang jelas bahwa serangan udara yang dipimpin Saudi terhadap kota pelabuhan Hudaydah, barat Yaman, yang berfungsi sebagai titik masuk utama bantuan kemanusiaan dan bahan bakar ke negara itu, Oxfam mencatat. (Baca: AS Dukung Saudi Pekerjakan Teroris ISIS di Yaman)

Alexander Ventura, koordinator darurat dan kepala misi di Yaman untuk Médecins Sans Frontières (MSF), juga mengatakan, “Sistem kesehatan hampir gagal dan layanan medis di bawah pemboman.” “Donor bilateral dan institusional harus memprioritaskan bantuan kepada sistem kesehatan negara untuk menghindari keruntuhan total. Dokter dan perawat belum dibayar dalam enam bulan terakhir.”

Ventura menambahkan warga sipil “sengaja ditargetkan” oleh semua pihak yang bertikai dalam konflik Yaman, dan menambahkan bahwa malnutrisi akut terus meningkat.

“Anak-anak lebih berisiko meninggal akibat penyakit yang dapat dicegah, ibu hamil tidak dapat melahirkan dengan selamat dan orang-orang yang menderita kondisi kronis seperti gagal ginjal memerlukan dialisis. Kematian seharusnya dapat dicegah,” katanya.

Selanjutnya, Program Pangan Dunia PBB (WFP) telah menyerukan bantuan untuk menyelamatkan jiwa bagi jutaan orang Yaman yang dilanda krisis, meminta semua pihak dalam konflik tersebut untuk memungkinkan akses kemanusiaan tanpa hambatan. (Baca: Jubir Koalisi Saudi: Agresi Saudi di Yaman Wakili Kepentingan Zionis Israel)

“Program Pangan Dunia memuat tiga jenis intervensi untuk membantu penduduk sipil, distribusi makanan umum berupa bantuan makanan, voucher komoditas dan juga bantuan nutrisi khusus. Secara keseluruhan itu dimaksudkan untuk mencapai 9,1 juta orang. Namun, karena kendala pendanaan dan pembatasan akses, sayangnya kami tidak dapat membantu jumlah orang yang kami inginkan,” kata Stephen Anderson, perwakilan WFP di Yaman. (SFA)

Sumber: PTV

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: