Asia

Ledakan Bom Dahsyat di Kampung Halaman Presiden Filipina, Rodrigo Duterte

Sabtu, 03 September 2016,

SALAFYNEWS.COM, FILIPINA – Setidaknya puluhan orang tewas dalam sebuah ledakan hebat pada hari Jumat (02/09/2016) pukul 10:20 waktu setempat, yang melanda kota Davao selatan Filipina. Menurut jubir kota Davao Catherine dela Rey mengkonfirmasi ledakan terjadi pada hari Jumat, dan puluhan orang terluka.

Davao terletak sekitar 1.500 kilometer (930 mil) dari ibukota Manila. Namun, dia mengatakan belum jelas apa yang menyebabkan ledakan itu, yang mengguncang daerah di dekat salah satu hotel Davao ini yang dikenal sebagai daerah wisata dan para pebisnis.

Diketahui, Kota Davao merupakan kampung halaman Presiden Filipina, Rodrigo Duterte. Selain korban 12 orang tewas, 60 wara lainnya mengakami luka-luka Bahkan 30 orang di antaranya mendapat perawatan serius hingga harus dibawa ke rumah sakit.

Bom di Davao begitu mengejutkan seantero Filipina. Apalagi insiden ini berlangsung di pasar dekat Hotel Marco Polo, yang kerap dijadikan tempat menginap oleh Duterte jika ia mengunjungi Davao.

Sesaat setelah ledakan, putra sulung Duterte yang juga Wakil Wali Kota dari Davao, Paolo menyatakan, sampai saat ini masih terlalu dini untuk mengetahui kelompok mana yang ada di balik insiden berdarah tersebut. Namun, Otoritas Keamanan Filipina dipastikan tengah bekerja keras demi mencari tahu siapa pelakunya.

Menambahkan pernyataan dari Paolo, Kepala Polisi Regional Davao, Manuel Guerlan mengatakan, sekarang beberapa checkpoint telah dipasang di sejumlah pintu keluar Kota Davao.

“Penyelidikan menyeluruh tengah menentukan penyebab ledakan sedang kami lakukan, kami minta semua masyarakat waspada,” ujar Guerlan, seperti dikutip dari BBC, Sabtu (03/09/2016).

Sebelum ledakan terjadi, wilayah Davao memang terus diperketat keamanannya. Hal ini terkait operasi militer yang dilancarkan Pemerintah Filipina demi menggempur kelompok radikal Abu Sayyaf. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: