Headline News

Langgar Wilayah Udara, Qatar Adukan UEA ke PBB

Jum’at, 12 Januari 2018 – 12.31 Wib,

SALAFYNEWS.COM, QATAR – Perwakilan tetap negara Qatar, Duta Besar (Dubes) Ahmed Al-Thani telah mengirimkan sepucuk surat kepada Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres dan pimpinan Dewan Keamanan PBB, duta besar Kairat Umarov dari Kazakhstan yang berisi keluhan terhadap negara Uni Emirat Arab yang telah melanggar wilayah udara Qatar.

Baca: Perang Mulut Pejabat Keamanan UEA dan Media Qatar ‘Al Jazeera Harus Dibom’

Sebagaimana informasi yang diperoleh Sputnik, surat yang dipublikasikan pada hari Kamis (11/01) tersebut menyebutkan waktu, tanggal, lokasi, dan durasi dari pelanggaran wilayah udara Qatar oleh pesawat tempur UEA dengan menyebutkan bahwa “pesawat tersebut terbang di atas salah satu zona ekonomi Qatar pada ketinggian sekitar 33.000 kaki selama satu menit”. Pemerintah Qatar juga menegaskan bahwa pesawat tersebut telah memasuki wilayah Qatar tanpa pemberitahuan, atau persetujuan dari pemerintah Qatar.

Baca: UEA Tekan Qatar untuk Penuhi 13 Tuntutan Tak Masuk Akal Arab Saudi CS

Delegasi Qatar menganggap kejadian tersebut sebagai “pelanggaran terang-terangan terhadap kedaulatan negara Qatar dan keamanan perbatasan dan wilayah Qatar dan hal ini masuk dalam tindakan provokatif yang tidak bertanggung jawab yang dilakukan UEA terhadap negara Qatar”.

Dubes Al-Thani menegaskan bahwa, “Jika hal ini terulang maka negara Qatar akan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk menjaga kedaulatan, mempertahankan perbatasan, wilayah udara dan keamanan nasional, sebagaimana hukum dan aturan internasional”. Sementara itu, UEA belum memberikan komentar apapun mengenai tuduhan Qatar terhadapnya. (SFA)

Sumber: Arabic SputnikNews

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: