Headline News

Lagi, Netanyahu Ketakutan Keberadaan Militer Iran di Suriah

PM Israel, Benjamin Netanyahu

TEL AVIV – Israel telah menyerukan agar Iran menarik pasukan militernya dari Suriah, sementara Teheran bersikeras bahwa pihaknya hanya memiliki penasihat militer di negara itu meskipun banyak klaim Tel Aviv mengenai hal sebaliknya.

Baca: Jurnalis: Tak Ada Pangkalan Iran di Suriah Seperti Dituduhkan Israel

Israel telah meminta Iran menarik kehadiran militer di Suriah setelah Rusia mengatakan pasukan Damaskus harus mengontrol wilayah sendiri di dekat perbatasan Israel dan Yordania.

“Posisi kami di Suriah sudah jelas. Kami percaya bahwa tidak ada tempat bagi kehadiran militer Iran, di tanah Suriah,” kata Perdana Menteri Benjamin Netanyahu kepada fraksi parlementernya dalam pernyataan yang disiarkan.

Sementara, Rusia dan Amerika Serikat sedang melakukan dialog di tingkat diplomatik dan militer mengenai situasi di wilayah Al-Tanf Suriah, kata Lavrov.

Baca: Sindiran Pedas Rusia kepada AS Terkait Sikap Culasnya di Suriah

“Kami menyaksikan peningkatan jumlah kelompok bersenjata yang muncul di wilayah ini, termasuk kamp pengungsi Rukban, yang menurut informasi kami, terkait dengan ISIS dan struktur ekstremis lainnya,” katanya.

Lavrov berharap laporan penarikan pasukan AS dari basis Al-Tanf Suriah akan membuahkan hasil. “Kehadiran militer AS dan sekutunya disana tidak masuk akal, dari sudut pandang militer,” kata Menteri Luar Negeri Rusia.

Benjamin Netanyahu telah berulang kali menuduh Iran mendestabilisasi situasi di Timur Tengah. Sikap yang sama juga disuarakan oleh pejabat Israel yang menyatakan bahwa Tel Aviv tidak akan mengizinkan Iran untuk mengubah Suriah, yang telah dilanda perang saudara sejak 2011, ke pijakan militernya.

Baca: Ahli Militer: Serangan ISIS Terbaru di Suriah untuk Redakan Ketakutan Israel

Pejabat tinggi keamanan Iran telah menanggapi bahwa kehadirannya di Suriah terbatas pada peran penasehat, dan ditujukan untuk melawan terorisme atas permintaan pemerintah Suriah yang sah.

Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran Ali Shamkhani mengatakan bahwa selama ancaman terorisme ada di Suriah dan pemerintah yang sah, Iran akan tinggal di Suriah. (SFA)

Sumber: SputnikNews

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Netanyahu: Israel Akan Serang Iran di Suriah | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: