Internasional

Kurdi Suriah Ajukan 2 Proposal Mengejutkan ke Jenewa

Senin, 27 Maret 2017 – 08.10 Wib,

SALAFYNEWS.COM, JENEWA – Komisi pengawas konstitusionalitas yang tiba di Jenewa terdiri dari ahli hukum dan anggota oposisi Suriah dan dipimpin oleh tokoh oposisi Suriah, pemimpin Gerakan Masyarakat Majemuk, Randa Kassis, telah mengajukan dua proposal. (Baca: Kurdi Beberkan Dokumen Keterlibatan Turki Dukung ISIS)

“Kami sekarang membahas dua proposal yang berasal dari perwakilan Kurdi (orang-orang Kurdi yang telah memisahkan diri). Proposal pertama adalah pemisahan wilayah Kurdi dari Suriah. Mereka menyarankan untuk memutuskan perbatasan dan membentuk negara Kurdi, benar-benar terpisah dari negara Suriah dan tidak memiliki hubungan dengan otonomi di Irak atau Kurdi di Turki, ” ungkap seorang sumber di komisi sebagaimana dikutip Sputnik pada hari Minggu (26/03).

“Pilihan lain adalah mengubah Suriah menjadi sebuah negara konfederasi”, sumber tersebut menambahkan. (Baca: Salah Satu Anggota Parlemen Turki Tuduh Erdogan Gunakan ISIS untuk Melawan Kurdi)

“Baris kedua adalah membuat Suriah menjadi negara konfederasi dengan kekuasaan terpusat. Itu berarti bahwa Kurdi mendapatkan otonomi yang memiliki bahasa, budaya, kebebasan berekspresi dan lembaga pemerintahan sendiri”, kata sumber itu. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: