Headline News

Kurdi Pastikan Kirim Perwakilan dalam Perundingan Masa Depan Suriah di Sochi

Kamis, 28 Desember 2017 – 08.00 WIb,

SALAFYNEWS.COM, SURIAH – Gerilyawan Kurdi Suriah memastikan bahwa mereka akan mengirim perwakilan dalam putaran pembicaraan yang akan datang yang dimediasi oleh Rusia terkait masa depan Suriah.

Baca: Kurdi Suriah Ajukan 2 Proposal Mengejutkan ke Jenewa

Sipan Hemo, komandan Unit Perlindungan Rakyat  kelompok milisi Kurdi yang juga dikenal sebagai YPG, mengatakan pada hari Rabu (28/12) bahwa Rusia akan mengizinkan 155 perwakilan wilayah Kurdi Suriah untuk menghadiri perundingan di Sochi bulan depan.

Suku Kurdi sekarang menguasai wilayah di utara dan timur laut Suriah. Mereka telah menjadi kekuatan yang berpengaruh dalam perang melawan teroris Daesh Takfiri meskipun pemerintah telah memperlakukan mereka seperti faksi bersenjata lainnya yang menentang Damaskus selama enam tahun terakhir.

Namun, penghalang utama bagi orang Kurdi untuk menghadiri perundingan mengenai nasib Suriah adalah Turki, yang memandang YPG sebagai perpanjangan Partai Pekerja Kurdistan (PKK), sebuah kelompok militan Kurdi yang dilarang oleh Ankara.

Baca: Apa Dibalik Saudi, UEA Diam-diam Bekerja Demi Kemerdekaan Kurdistan?

Suku Kurdi tidak pernah diwakili dalam perundingan damai di Suriah, baik yang diselenggarakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa atau pihak-pihak lain.

Pembicaraan di Sochi, resor utama Rusia di Laut Hitam, dijadwalkan akan dilangsungkan pada 29-30 Januari. Rusia belum mengumumkan daftar lengkap undangan untuk pertemuan tersebut, yang mengikuti inisiatif serupa oleh Rusia, Iran dan Turki di Kazakhstan.

Banyak yang berharap perundingan bisa mengakhiri atau mengurangi secara signifikan militansi di Suriah meskipun Perserikatan Bangsa-Bangsa bersikeras bahwa inisiatif tersebut seharusnya tidak menghindari usaha yang dipimpin oleh badan dunia untuk mencapai solusi politik di Suriah.

Baca: Inilah Wajah “Culas” Amerika di Irak, Senat Desak Trump Dukung Kemerdekaan Kurdi

Banyak kelompok yang menghadiri perundingan yang dipimpin oleh PBB di Jenewa sebelumnya, terutama yang dekat dengan Arab Saudi, mengumumkan bahwa mereka akan memboikot pembicaraan Sochi. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: