Headline News

Kurdi Hancurkan Lima Tank Turki di Afrin

Senin, 22 Januari 2018 – 05.35 Wib,

SALAFYNEWS.COM, SURIAH – Milisi Kurdi YPG menembakkan rudal anti tank ke Leopard Turki saat Angkatan Darat Turki maju ke arah Afrin dalam sebuah serangan terhadap pasukan Kurdi.

Menurut kantor berita ANF, tank tersebut terkena di daerah desa Kurdo di distrik Bilbil, kota Afrin pada hari Minggu pagi. Dalam sehari, pejuang Kurdi menghancurkan lima tank Turki di daerah Afrin, ANF melaporkan.

Baca: Geger Amerika dan Turki di Perbatasan Suriah

Dua tank dipukul di desa Diqmetash dan dua di sekitar kota Tel-Rifat. Di daerah inilah pertempuran sengit saat ini sedang berlangsung antara Kurdi dan Angkatan Darat Turki.

Komando Kurdi melaporkan bahwa empat tentara Turki dan 10 gerilyawan pro-Turki tewas dalam pertempuran di barat laut Suriah.

Baca: Khianati Damaskus, Suriah Kutuk Agresi Brutal Turki ke Wilayah Kurdi di Afrin

“Akibat bentrokan ini, 10 anggota YPG tewas di berbagai wilayah, 20 (anggota oposisi bersenjata Suriah) terluka. Selain itu, empat tentara Turki tewas dan puluhan lainnya terluka dalam bentrokan di Bilbil,” YPG melaporkan dalam sebuah siaran pers.

Serangan tersebut mengakibatkan kerusakan pada 108 target dari 113 serangan udara. Pada hari Minggu, Perdana Menteri Turki Binali Yildirim mengkonfirmasi dimulainya serangan darat di wilayah tersebut. Tercatat bahwa kendaraan lapis baja Turki telah melaju sekitar 3,5 kilometer ke wilayah Suriah.

Situasi di perbatasan Suriah-Turki baru-baru ini menjadi tegang, dimana angkatan bersenjata Turki menembaki posisi YPG, yang dianggapnya sebagai afiliasi Partai Pekerja Kurdistan (PKK), yang ditetapkan sebagai organisasi teroris di Turki dan beberapa negara lainnya.

Baca: Amerika dan Turki Bersitegang di Afrin Suriah

Terlepas dari kenyataan bahwa operasi militer telah dikutuk oleh Damaskus, dan menyebutnya sebagai pelanggaran terhadap kedaulatan Suriah, Ankara menyebutnya sebagai pembelaan diri menurut hukum internasional. (SFA)

Sumber: Al Masdar News

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: