Eropa

Kunjungan Raja Salman ke Moskow Buka Era Baru Hubungan Saudi-Rusia

Minggu, 08 Oktober 2017 – 10.40 Wib,

SALAFYNEWS.COM, MOSKOW – Rusia dan Arab Saudi bersedia untuk mengatasi rintangan yang ada dan membuka halaman baru dalam hubungan bilateral, Dr. Hassan Nafaa, profesor ilmu politik di Universitas Kairo, mengatakan kepada Radio Sputnik yang mengomentari kunjungan pertama Raja Salman ke Moskow. Kunjungan Raja Salman ke Rusia “adalah historis” karena menunjukkan bahwa “kedua belah pihak siap untuk membuka era baru,” kata Hassan Nafaa.

Baca: Mengapa Raja Salman Kunjungi Rusia?

Menurut ahli, pertemuan Rusia-Saudi memiliki makna “simbolis”, yang menunjukkan bahwa Riyadh “siap untuk pengembangan hubungan Rusia-Saudi yang sebelumnya cenderung bermusuhan.”

Apalagi, pembicaraan antara para pemimpin kedua negara bisa berkontribusi pada penyelesaian krisis Timur Tengah, pakar tersebut mengemukakan. Rusia dan Arab Saudi adalah pemain penting dalam konflik yang sedang berlangsung, dan dengan demikian upaya diplomatik mereka dapat meredakan ketegangan di wilayah ini dan menciptakan dasar untuk penyelesaian krisis lainnya di Timur Tengah, seperti yang terjadi di Yaman, Irak dan Suriah.

Mengomentari kemungkinan reaksi AS terhadap kesepakatan potensial militer Saudi-Rusia, Nafaa mengatakan bahwa kesepakatan tersebut tidak akan menyebabkan kemunduran yang signifikan dalam hubungan Washington-Riyadh.

Baca: Pertemuan Tertutup Putin dan Raja Salman di Moskow

“Saya pikir kesepakatan senjata dengan Arab Saudi bisa sangat penting karena ini akan membuka peluang strategis baru dalam hubungan antara Arab Saudi dan Rusia. Amerika Serikat tidak akan senang dengan ini, tapi saya pikir Arab Saudi sekarang mungkin melakukan diversifikasi hubungan dengan eksternal, kekuatan asing dan tidak akan terlalu bergantung pada Amerika Serikat,” analis menyimpulkan.

Selama pembicaraan mereka, Raja Salman dan Presiden Rusia Vladimir Putin membahas berbagai isu, termasuk konflik Suriah, situasi di Timur Tengah dan perang melawan terorisme. Kunjungan tersebut juga menghasilkan paket kesepakatan antara Riyadh dan Moskow. Ini termasuk kesepakatan kerjasama militer dan teknis, serta bidang energi dan investasi.

Baca: Kunjungan Mendadak Putra Mahkota Saudi ‘Muhammad bin Salman’ ke Rusia

Pertemuan tersebut menandai perjalanan pertama kerajaan Saudi ke Rusia dan dipandang sebagai peristiwa penting dalam hubungan antara kedua negara. (SFA)

Sumber: SputnikNews

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: