Nasional

Kronologi pesawat perintis yang hilang di Papua

Ilustrasi Pesawat perintis
Ilustrasi Pesawat perintis

PAPUA – Pesawat perintis Dimonim Air milik PT Martha Buana Abadi dengan register PK -HVQ TIPE PAC 750X, rute penerbangan dari Bandara Tanah Merah- Bandara Oksibil hilang kontak pada Sabtu, 11 Agustus 2018.

Berdasarkan informasi yang dihimpun VIVA, pesawat dengan register PK-HVQ Kode SSR NIL dan Tipe Pesawat PILATUS PC-6 PORTER itu berisi sembilan orang, dengan 2 pilot dan 7 penumpang. Pesawat perintis milik Dimonim Air dipiloti Captain Leslie Sevuve dan Co Pilot I Wayan Sugiarta.

Juru bicara Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal mengatakan pesawat tersebut berangkat dari Tanah Merah Bovendigul pukul 13.42 WIT (04.43 UTC). Pesawat dijadwalkan tiba di Bandara Oksibil WAJO pukul 14.30 WIT (05.30 UTC).

“Keterangan dari pihak Tower Bandara Oksibil bahwa Pesawat Dimonim Air seharusnya sudah mendarat di Bandara Oksibil pada pukul 14.30 Wit, namun hingga saat ini pesawat hilang kotak dan belum diketahui keberadaannya,” kata Kombes Pol Ahmad Kamal saat dikonfirmasi, Sabtu, 11 Agustus 2018.

Berdasarkan informasi yang diterima VIVA, pesawat Dimonim Air terakhir melakukan kontak dengan Tower Bandara Oksibil pukul 14.17 WIT (05.17 UTC), untuk melaporkan posisi overhead ketinggian 7000 feet dan meminta untuk joining long final Runway 11.

Setelah posisi overhead tersebut Tower Oksibil mencoba melakukan komunikasi dengan pesawat PK-HVQ namun tidak berhasil. Personel Tower Oksibil juga tidak dapat melakukan komunikasi keluar area Oksibil dengan menggunakan handphone karena kondisi signal. (SFA/Viva)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Tim SAR cari pesawat yang lost kontak di Papua | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: