Headline News

Krisis Kelaparan Hebat Melanda Yaman

Sabtu, 11 Februari 2017 – 06.33 Wib,

SALAFYNEWS.COM, NEW YORK – Pada Rabu 08 Februari lalu, PBB menyerukan pengumpulan dana 2,1 milyar dolar untuk memberikan bantuan pangan dan kebutuhan penting lainnya kepada 12 juta orang di Yaman, yang menghadapi ancaman kelaparan setelah dua tahun perang, hal ini merupakan krisis kelaparan hebat melanda Yaman. (Baca: Saudi; Krisis Yaman dan Suriah Lebih Penting dari Isu Palestina)

Jamie Mcgoldrick, Koordinator Kemanusiaan PBB di Yaman, dalam sebuah dokumen menyatakan “Situasi di Yaman sangat kacau dan semakin memburuk,” dan menambahkan “sekitar 3,3 juta orang, termasuk 2,1 juta anak menderita gizi buruk.”

PBB mengatakan, “Hampir 19 juta orang Yaman atau lebih dari dua-pertiga dari penduduk negara itu, sangat membutuhkan bantuan dan perlindungan. Sementara, serangan udara masih berlanjut hingga saat ini dan menyebabkan kerugian berat dan merusak infrastruktur publik dan swasta  yang menghambat pengiriman bantuan kemanusiaan, seperti pelabuhan, jalan, jembatan, pabrik, pasar semua hancur diserang bom”. (Baca: Krisis Pangan dan Kelaparan Hadiah Saudi kepada Rakyat Muslim Yaman)

Dana anak PBB (UNICEF) pada minggu lalu memperkirakan ada 6 ribu anak-anak Yaman yang tewas pada tahun lalu karena berbagai sebab yang mungkin bisa dicegah, dan sebab-sebab itu berhubungan dengan kekurangan gizi.

Jan Egeland, Sekretaris Jenderal Dewan Norwegia, dalam sebuah pernyataan terpisah mengatakan “Jika bom tidak membunuh anda di Yaman, maka mati perlahan karena kelaparan merupakan ancaman mengerikan saat ini”. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: