Asia

Korut: Penyebaran THAAD Mengubah Kawasan Jadi Medan Perang Nuklir

Kamis, 11 Mei 2017

SALAFYNEWS.COM, PYONGYANG – Korea Utara telah memperingatkan bahwa penyebaran sistem rudal buatan AS di Korea Selatan akan mengubah Semenanjung Korea menjadi medan perang nuklir.

Terminal High-Altitude Area Defense (THAAD) “adalah sumber bencana nuklir yang dibawa pada kami saat ini,” kata sebuah laporan di Central TV Korea Utara pada hari Rabu.

Instalasi THAAD dioperasikan pada bulan lalu di tengah meningkatnya ketegangan terkait uji coba rudal balistik dan nuklir Korea Utara. China dan Rusia juga mengkritik penyebaran THAAD, dengan mengatakan bahwa hal itu akan secara signifikan mempengaruhi keseimbangan kekuatan di wilayah tersebut dan akan menyebabkan ketidakstabilan. Washington dan Seoul telah menyetujui pemasangan THAAD pada musim panas 2016.

Sistem rudal AS dilengkapi dengan sistem deteksi yang kuat yang dikenal sebagai radar X-band, yang menurut para ahli akan mengguncang keamanan regional dan mengganggu keseimbangan militer di kawasan.

Laporan media Korea Utara menekankan bahwa penerapan sistem rudal tersebut akan “mengubah Semenanjung Korea menjadi medan perang nuklir di antara negara-negara kuat.”

Peluncur sistem radar dapat dilihat, dilingkari hitam, di lapangan golf yang terletak di Wilayah Seongju Selatan, sebagaimana gambar yang dipublikasikan oleh intelijen Korut yang diambil dari citra satelit.

“Gambar satelit menunjukkan THAAD yang saat ini ditempatkan di dekat bukit lapangan golf Seongju, sementara radar X-band dan peralatan tambahan lainnya dipasang di sebelah barat bukit,” katanya. Hanya sehari setelah militer China menguji jenis rudal baru di daerah yang dekat dengan Semenanjung Korea. [Sfa]

Sumber: KCNA.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: