Asia

Korut Kembangkan Rudal yang Mampu Capai Washington dan New York

Jum’at, 25 Agustus 2017 – 08.28 Wib,

SALAFYNEWS.COM, KORUT – Korea Utara telah meluncurkan gambar desain terbaru untuk rudal balistik antar benua yang saat ini tengah dikerjakan dan akan dibuat menjadi lebih kuat daripada rudal-rudal yang pernah di uji sebelumnya, ungkap para ahli militer pada hari Kamis (24/08). Para ahli militer ini menambahkan bahwa rudal ini, jika telah dikembangkan dapat menjangkau wilayah manapun di negara AS, termasuk Washington dan New York. (Baca: Perencanaan Pembunuhan Kim Jong-Un Oleh Amerika)

Media pemerintah Korea Utara telah merilis gambar presiden Kim Jong-un pada hari Rabu malam (23/08) yang tengah berdiri di samping desain rudal yang terdiri dari 3 tahap yang diberi nama “Hwasong-13”.

Para ahli militer yang memeriksa gambar-gambar ini untuk informasi mengenai program senjata Korea Utara mengatakan bahwa tidak ada indikasi yang menunjukkan bahwa rudal tersebut telah sepenuhnya dikembangkan, namun mereka mengatakan bahwa “bagaimanapun, peluncurannya belum diuji dan tidak mungkin menghitung kemungkinan jangkauannya”.

Mereka mengatakan bahwa rudal yang terdiri dari 3 tahap ini akan lebih kuat daripada rudal 2 tahap Hwasong-14 yang telah diuji dua kali pada bulan Juli lalu.

Korea Selatan, AS dan para ahli militer mengatakan bahwa rudal Hwasong-14 bisa mencapai jarak sejauh 10.000 kilometer dan bisa mencapai wilayah-wilayah AS namun tidak dapat mencapai pantai Timur. (Baca: Kim Jong Un: Uji Coba Rudal Korut Adalah Hadiah Kami untuk Amerika)

Kim Dong-yup, seorang ahli militer di Institute of Far East Studies di Seoul’s Geongnam University mengatakan bahwa “Kami dapat berharap bahwa jangkauan rudal Hwasong-13 bisa mencapai 12.000 kilometer dan dapat mencapai wilayah manapun di Amerika Serikat”.

Mereka menjelaskan bahwa letak Washington dan New York itu sejauh 11.000 km lebih dan berada di dalam jangkauan kisaran rudal ini, dari wilayah manapun di Korea Utara.

Menurut para ahli, niat Pyongyang untuk mempresentasikan rancangan rudal barunya itu jelas. Mereka mengatakan bahwa gambar-gambar tersebut disertai dengan instruksi presiden Kim Jong-un yang menyerukan agar memproduksi lebih banyak mesin rudal dan hulu ledak, hal ini disampaikan saat kunjungannya ke Akademi Ilmu Pertahanan, sebuah badan yang didirikan untuk pengmbangan rudal balistik.

Joshua Pollack, pakar sistem senjata nuklir dan sistem rudal mengatakan “Kami akan memeriksa gambar-gambar ini untuk mengetahuii produksi rudal lokal dan mengumumkan apa yang terjadi selanjutnya”. (Baca: Kemajuan Teknologi Rudal Korut, China dan Rusia Sebabkan AS Ketakutan)

Foto-foto ini diterbitkan setelah ketegangan antara Korea Utara dan AS tampak sedikit berkurang setelah Pyongyang menguji Hwasong-14 dan mengancam akan menembakkan rudal di pulau Guam.

Laporan oleh kantor berita resmi Korea Utara yang dikeluarkan pada hari Rabu malam (23/08) tidak menyebutkan ancaman serangan kepada Amerika Serikat. Presiden AS Donald Trump optimis tentang kemungkinan membaiknya hubungan kedua negara. (SFA)

Sumber: Arabic.rt

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: