Asia

Korut Kembali Picu Ketegangan dengan Luncurkan Rudal Balistik Jarak Menengah

Selasa, 23 Mei 2017 – 07.16 Wib,

SALAFYNEWS.COM, PYONGYANG – Pemerintah Korea Utara telah umumkan keberhasilannya dalam meluncurkan rudal balistik jarak menengah pada hari minggu kemarin (21/05).

Kantor berita Korea Selatan “Yonhap” pada hari senin (22/05) membahas mengenai peluncuran rudal jenis Bokkson-2 dimana presiden Korea Utara Kim Jong-Un turut mengawasi sendiri proses peluncuran rudal ini. (Baca: Korut Kembali Sulut Ketegangan Dengan Tembakkan Rudal Balistik)

Kantor berita Yonhap melaporkan berdasarkan sumber-sumber di Angkatan Darat Korea Selatan pada hari Minggu (21/05) bahwa korea Utara telah meluncurkan rudal atau artileri yang belum diketahui jenisnya.

Korea Utara dilaporkan telah meluncurkan rudal balistik pada hari Minggu (21/05) yang telah mengungguli spesifikasi teknis dari kemampuan rudal-rudal yang pernah diluncurkan Pyongyang sebelumnya. (Baca: Korut: Penyebaran THAAD Mengubah Kawasan Jadi Medan Perang Nuklir)

Semenanjung Korea terus menerus menjadi landasan bagi uji coba nuklir dan rudal Korea Utara dan latihan militer bersama AS-Korea Selatan, di mana hal ini dianggap Pyongyang sebagai ancaman bagi keamanan nasionalnya. (Baca: Takut Hadapi Korut, AS Bentuk Pusat Intelijen di Korsel)

Eskalasi militer di Semenanjung Korea ini terus berlanjut setelah ancaman yang secara bergantian diberikan AS dan Korea Utara yang dibalas dengan serangan nuklir dan rudal. Operasi militer yang terus meningkat di wilayah ini memicu kekuatan AL AS yang dipimpin oleh kapal induk “Carl Vinson” untuk hadir di wilayah tersebut pada 29 April lalu sementara pihak Korea Utara lantas tak tinggal diam, Pyongyang telah mengeluarkan ancaman untuk menenggelamkan kapal induk tersebut dan menyerang pangkalan AS yang berada di Korea Selatan dan Jepang bahkan mengancam untuk menyerang wilayah AS dengan rudal nuklir. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: