Asia

Korut Akan Tembakkan Rudal ke Guam Pada Pertengahan Agustus

Kamis, 10 Agustus 2017 – 14.12 Wib,

SALAFYNEWS.COM, PYONGYANG – Korea Utara (Korut) telah mengumumkan bahwa mereka berencana akan menembakan empat rudal jarak menengah ke wilayah Guam AS, pada pertengahan Agustus. (Baca: Kim Jong Un: Uji Coba Rudal Korut Adalah Hadiah Kami untuk Amerika)

Media pemerintah Korea Utara membuat pengumuman tersebut pada hari Kamis, menyatakan bahwa rencana tersebut akan dipandu oleh pemimpin Korea Kim Jong-un yang akan memutuskan apakah akan meluncurkan rudal atau tidak.

“Roket Hwasong-12 yang akan diluncurkan oleh KPA (Tentara Rakyat Korea) akan melintasi langit Shimane, Hiroshima dan Prefektur Koichi di Jepang,” kata laporan tersebut, mengutip Komandan KPA Kim Rak-gyom. “Mereka akan terbang 3.356,7 kilometer dengan durasi 1.065 detik dan mencapai perairan 30 sampai 40 kilometer jauhnya dari Guam,” tambah laporan tersebut.

Trump kehilangan akal

Komandan KPA dikutip oleh Sputnik mengatakan bahwa Presiden AS Donald Trump “tidak memiliki akal sehat”. Terkait komentar terbaru Trump “api dan amarah”, dia menanggapi bahwa itu “omong kosong”. (Baca: Kemajuan Teknologi Rudal Korut, China dan Rusia Sebabkan AS Ketakutan)

“Mereka akan bertemu dengan api dan kemarahan, terus terang, dengan kekuatan yang belum pernah ada di dunia ini,” kata Trump yang berbicara di New Jersey pada hari Selasa.

Korea Utara memprotes sanksi PBB

Sementara itu, warga Korea Utara (Korut) mengambil bagian dalam demonstrasi massal yang diselenggarakan oleh pihak berwenang Pyongyang untuk memprotes sanksi baru-baru ini yang diberlakukan oleh Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Dewan Keamanan PBB pada hari Sabtu mengeluarkan sebuah resolusi yang memberlakukan sanksi pada Korea Utara atas peluncuran ujicoba rudal balistik antar benua pertamanya. Anggota dewan, termasuk sekutu tradisional Pyongyang, Beijing dan Moskow, memilih 15-0 untuk pelarangan sebagian ekspor, yang bertujuan untuk mengurangi pendapatan luar negeri Korut dari $ 3 miliar sampai sepertiga. (Baca: Intelijen AS: Tidak Lama Lagi Korut Serang AS dengan Rudal Nuklir)

Sanksi tersebut melarang semua ekspor bijih besi, besi, timbal dan bijih timbal, serta ikan dan makanan laut dari negara tersebut. Mereka juga memblokir Korea Utara untuk meningkatkan jumlah pekerja yang dikirim ke luar negeri, dan mencegah usaha patungan baru dengan Pyongyang atau meningkatkan investasi usaha saat ini.

Selama demonstrasi hari Rabu, para pemrotes berkumpul di alun-alun utama Pyongyang dimana pejabat senior Korea Utara menyampaikan pidato kepada orang banyak. (SFA)

Sumber: PTV

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: