Asia

Korea Utara Luncurkan Rudal Balistik ke Laut Jepang

Rabu, 3 Agustus 2016

SALAFYNEWS.COM KORUT – Korea Utara telah meluncurkan rudal balistik ke Laut Jepang, yang dilaporkan mendarat di atau dekat perairan Jepang untuk pertama kalinya.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Kantor Korea Selatan dari Kepala Staf Gabungan, rudal itu diluncurkan dari sebuah daerah di Korea Utara, Selatan Provinsi Hwanghae pada pukul 7:50 waktu setempat, Rabu (2250 GMT Selasa).

Ini adalah peluncuran rudal yang keempat dalam dua minggu terakhir oleh Pyongyang yang terang-terangan melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB.

Proyektil menunjukkan rudal menengah jenis Rodong, meluncur sekitar 1.000 kilometer (621 mil) menuju perairan lepas pantai timur Korea Utara, pernyataan itu lebih lanjut mengatakan.

Peluncuran menunjukkan ambisi Pyongyang untuk “secara langsung dan secara luas menyerang negara-negara tetangga dan menargetkan beberapa tempat di Republik Korea seperti pelabuhan dan lapangan terbang,” tambahnya.

Menurut Menteri Pertahanan Jepang Gen Nakatani, rudal itu diperkirakan telah mendarat ke zona eksklusif ekonomi (ZEE) Tokyo, sekitar 250 kilometer (155 mil) di lepas pantai utara pada pukul 08:05, Rabu (2305 GMT Selasa).

Jepang dengan cepat mengecam langkah agresif yang dilakukan oleh tetangganya.

“Ini ancaman serius terhadap keamanan negara kita. Ini adalah tindakan keterlaluan yang tidak bisa ditoleransi,” kata Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe kepada wartawan sesaat setelah peluncuran.

Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga, juru bicara utama pemerintah, juga dengan kasar mengecam langkah itu.

“Tidak ada peringatan dini. Dari perspektif keamanan pesawat dan kapal, itu adalah tindakan yang sangat bermasalah, berbahaya. Kami segera meluncurkan protes keras terhadap Korea Utara dan mengutuk (peluncuran)” melalui saluran diplomatik, katanya.

Amerika Serikat juga mengeluarkan peringatan keras atas uji coba rudal, dan mengatakan Washington siap untuk mempertahankan diri dan sekutunya.

“Kami tetap siap untuk bekerja dengan sekutu dan mitra di seluruh dunia untuk menanggapi provokasi DPRK, serta untuk mempertahankan diri dan sekutu kita dari serangan atau provokasi,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri Anna Richey-Allen tak lama setelah uji coba.

Korea Utara menguji tiga rudal balistik lainnya pada tanggal 19 Juli, yang diyakini dua rudal SCUD dan rudal Rodong menengah, dan mengatakan peluncuran itu merupakan bagian dari latihan simulasi serangan terhadap pelabuhan Korea Selatan dan lapangan udara yang digunakan oleh militer AS.

Pada tanggal 22 Juni, Korea Utara juga meluncurkan dua mid-range rudal balistik Musudan yang keduanya ditembakkan ke Laut Jepang, juga dikenal sebagai Laut Timur. [Sfa]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: