Headline News

Korban Pembantaian ISIS, 10 Ribu Anak Irak Jadi Yatim Piatu

Minggu, 9 Juli 2017

SALAFYNEWS.COM, BAGHDAD – Aktivis hak anak di Irak, Nawaf Karam menuturkan, kehadiran ISIS di Irak telah membuat banyak anak kehilangan orang tua mereka. Dia menyebut, berdasarkan data kasar, setidaknya ada 10 ribu anak yang kehilangan orang tuanya.

“Kehadiran ISIS selama tiga tahun di Irak telah menyebabkan 10 ribu anak-anak yang setidaknya kehilangan salah satu orang tua mereka,” kata Karam dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir abna pada Minggu (9/7).

Karam kemudian mengatakan, dalam periode tersebut keamanan dan kehidupan anak-anak Irak telah terancam secara serius. Dia menyebut tidak jarang melihat anak-anak meninggal akibat kelaparan, atau menjadi korban dalam pertempuran.

Dia mengatakan, dalam perang tersebut lima juta anak-anak Irak menderita kekerasan, kemiskinan dan perlu mendapat perhatian segera. “Sekitar separuh pengungsi di Mosul adalah anak-anak yang kehilangan orang tua mereka, terkena kekerasan dan kerusakan sosial,” ucapnya.

Pekan lalu, Kantor Urusan Yazidi di Wilayah Kurdistan mengumumkan bahwa 3.000 anak-anak Irak telah menjadi yatim piatu. Di mana 1759 anak kehilangan ayah mereka, 207 telah kehilangan ibu mereka, dan 359 anak telah kehilangan kedua orang tuanya. [Sfa]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: