Eropa

Konglomerat Saudi Borong Saham Media ‘The Independent’

Minggu, 30 Juli 2017 – 05.38 Wib,

SALAFYNEWS.COM, LONDON – Seorang konglomerat Saudi telah menginvestasikan jutaan dolar untuk memperoleh hingga 50 persen hak suara di organisasi media Inggris, The Independent, yang menyebabkan keprihatinan serius di antara aktivis hak asasi manusia dan kebebasan pers di Inggris. (Baca: Bos Media Saudi Ditangkap Atas Kasus Pelecehan Seksual)

Menurut sebuah laporan eksklusif oleh portal berita Middle East Eye (MEE) pada hari Jumat, Sultan Mohamed Abuljadayel, 42, telah mengakuisisi hingga 50 persen The Independent dan menguasai hingga 50 persen hak suara di Independent Digital News and Media, Perusahaan yang mengendalikan merek Independent.

Abuljadayel, yang berasal dari “keluarga bisnis mapan yang berbasis di Madinah,” sekarang memperoleh kontrol yang signifikan terhadap Independent bersama Evgeny Lebedev, anak dari mata-mata KGB Soviet yang beralih menjadi bos media Rusia, dan Justin Byam Shaw, yang digambarkan oleh rekan dekat sebagai “serial entrepreneur,” kata laporan tersebut.

Seorang sumber yang mengetahui kesepakatan tersebut, yang ditandatangani selama sebulan yang lalu, mengatakan bahwa investasi Abuljadayel mungkin berkisar $ 130 juta, namun MEE tidak dapat mengkonfirmasi secara independen jumlah pastinya. (Baca: Upaya Monarki Saudi “beli Fakta berita” Kuasai Media Dunia)

Angka tersebut mengindikasikan pembalikan keberuntungan luar biasa bagi perusahaan, yang telah kehilangan jutaan pound setahun selama beberapa dekade sebelum dijual ke keluarga Lebedev pada tahun 2010. Perusahaan tersebut juga harus membuang edisi cetaknya pada tahun 2016 karena krisis keuangan.

Peruntungan Independent saat ini mencatat keuntungan sebesar £ 1.7mn ($ 2.2mn) dan lonjakan pendapatan 75 persen.

Organisasi media Independen telah lama dikenal karena memperjuangkan hal-hal yang progresif melalui liputan pusat dan penutupan edisi cetaknya telah dianggap sebagai pukulan terhadap pluralitas media Inggris. Seorang juru bicara mengatakan “kemerdekaan editorial Independen telah dilindungi secara resmi.” (Baca: Perang Yaman dan Kebohongan Media Timur Tengah)

Namun, pembelian bagian “penting” dari Saudi telah memicu kekhawatiran serius di kalangan juru kampanye hak, dengan mengutip catatan pelanggaran hak asasi manusia yang luas di kerajaan Al Saud.

“Tampaknya tidak sesuai dengan catatan Independent tentang memperjuangkan nilai-nilai liberal bagi seorang sultan Saudi untuk memiliki andil yang signifikan dalam kepemilikan media ini,” aktivis hak asasi manusia Peter Tatchell mengatakan kepada MEE.

“Masih banyak pertanyaan yang perlu ditanyakan, dan dijawab, sebelum masyarakat bisa diyakinkan bahwa tidak ada benturan nilai antara sultan dan independen,” tambahnya.

Seamus Dooley, sekretaris jenderal pengorganisasian National Union of Journalists, menyatakan keprihatinan serius tentang pembelian tersebut, dengan mengatakan, “NUJ (National Union of Journalists) mendukung transparansi maksimum dalam hal kepemilikan media, dan kami tidak tahu apa-apa tentang hal ini. Kelompok (investor Saudi). “

“Juga, ada kekhawatiran serius tentang Saudi dan hubungannya dengan konsep kebebasan media dan catatan siapa pun dari Saudi mengenai hal hak asasi manusia adalah sesuatu yang akan menjadi perhatian kami,” katanya.

Editor Independent, Christian Broughton, tidak menanggapi permintaan komentar dari MEE.

Freedom House yang berbasis di AS, yang melakukan penelitian dan advokasi mengenai kebebasan politik dan hak asasi manusia, menggambarkan Arab Saudi sebagai “salah satu negara yang paling membatasai media di dunia.”

Penulis yang bersikap kritis terhadap pemerintah Saudi menghadapi “hukuman berat” dan perang kerajaan di Yaman telah mendorong pemerintah Saudi untuk “membentuk liputan media” dengan “membungkam perbedaan pendapat domestik dan membatasi akses ke Yaman oleh wartawan asing,” kata Freedom House.

Menurut sebuah pernyataan oleh Amnesty International pada 2016, kerajaan Arab telah menerapkan undang-undang anti-teror “kasar”, yang menyetarakan demonstrasi damai dengan terorisme dan mengizinkannya menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada kritikus damai dan aktivis hak asasi manusia.

Terlepas dari pembatasan yang sangat besar terhadap hak-hak perempuan, penyiksaan umum di penjara dan jumlah pemenggalan dan eksekusi yang luas, kerajaan Saudi juga di bawah tekanan karena dukungannya terhadap kelompok ekstremis dan perang yang sedang berlangsung di Yaman, yang menyebabkan ribuan korban tewas dan warga sipil yang terbunuh. Infrastruktur, termasuk rumah sakit, sekolah, pasar dan pabrik.

Terlepas dari keprihatinan yang ada, perwakilan permanen Arab Saudi untuk kantor PBB di Jenewa, Faisal bin Hassan Trad, diangkat secara resmi pada bulan September 2015 sebagai ketua Kelompok Konsultatif lima anggota, sebuah panel Dewan HAM PBB (UNHRC). (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: