Headline News

Konflik Memanas Putra Mahkota dengan Garda Nasional Saudi

Putra Mahkota Saudi, Mohammed Bin Salman
Putra Mahkota Saudi, Mohammed Bin Salman

RIYADH – Pertikaian sengit telah muncul antara Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman dan suku-suku yang duduk dan memegang peran dijajaran Garda Nasional, menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh “Intelijen online”. Bin Salman melancarkan ‘perang keras’ terhadap Garda Nasional agar tidak menjadi pendukung kubu lawannya, seperti dilansir Almaalomah (11/10).

Baca: Geger Kerajaan Saudi Memanas, Bin Salman Obok-obok Kementerian Garda Nasional

Menurut situs tersebut, beberapa bulan terakhir telah tampak intensifikasi konflik antara Putra Mahkota dan para pejabat dari Garda Nasional, yang selama bertahun-tahun sejak berdirinya menjadi lembaga semi-independen keamanan di Riyadh.

Garda Nasional terdiri dari suku-suku, mereka dikenal dengan karena kesetiaannya kepada keluarga yang berkuasa sejak berdirinya Arab Saudi.

Baca: Kudeta Militer di Kerajaan Arab Saudi

Dalam tekanan yang disebut reformasi, Bin Salman ingin menghapuskan hak istimewa yang dinikmati oleh para suku ini sebagai hasil dari keterkaitan mereka dengan Garda Nasional.

Seperti yang dialami para pejabat dan pengusaha yang dipenjarakan di Ritz Carlton tahun lalu, beberapa syekh dari suku-suku itu juga ditangkap dan diperingatkan untuk tidak melawan garis politik Pangeran Saudi.

Baca: Mohammed Bin Salman Tangkap 11 Pangeran dan 4 Menteri Arab Saudi

Langkah ini telah menyebabkan banyak kemarahan dan telah meningkat menjadi perlawanan yang belum pernah terjadi sebelumnya di dalam kerajaan. Para tetua suku mengeluh kepada istana kerajaan. Hal ini terkait dengan suku Mutair, Otaiba, Anza, Bani Auf, Buainain, Al-Gamed, Bani Ghazan dan Bani Hilal. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: