Fokus

Komite Akuntabilitas Baghdad Desak Pemerintah Sita Aset Saddam Hussein

Selasa, 06 Maret 2018 – 05.30 Wib,

SALAFYNEWS.COM, BAGHDAD – Komite Akuntabilitas dan Keadilan di Irak mendesak pemerintah Baghdad untuk menyita sejumlah aset diktator Saddam Hussein dan kroni-kroninya.

Baca: Komentar Pedas Jenderal Iran, Trump Duplikat Abu Bakar Al-Baghdadi

Komite itu mencantumkan sejumlah nama menteri pemerintahan era Saddam dan pejabat dari Partai Baath yang dilarang, termasuk beberapa orang yang telah dipenjara, dieksekusi atau telah meninggal, serta nama istri, anak-anak, cucu dan kerabat lainnya. Surat tersebut dikirim ke kantor perdana menteri serta kementerian keuangan, keadilan dan pertanian.

Ali Hassan al-Majid, sepupu Saddam yang lebih dikenal dengan sebutan “Chemical Ali”, yang dieksekusi pada 2010 karena serangan kimia yang terkenal melawan Kurdi pada tahun 1988, juga masuk dalam daftar.

Baca: Hizbullah Irak: AS Ciptakan Teroris Baru Untuk Benarkan Kehadiran Pasukannya di Irak

Di antara mereka yang disebut dalam daftar adalah Tareq Aziz, seorang diplomat papan atas yang menjabat sebagai wakil perdana menteri sampai tahun 2003, ketika pasukan AS dan Inggris menginvasi Irak dan menggulingkan Saddam.

Putra Aziz, Ziad, yang tinggal di Yordania, mengecam surat tersebut tidak lebih dari “aksi untuk memenangkan suara” dalam pemilihan parlemen Irak yang dijadwalkan pada 12 Mei.

Baca: Tuduhan Nikki Haley Serang Iran Adalah Pengulangan Skenario Palsu Collin Powel di Irak

“Kami telah mengalami tekanan dan ketidakadilan selama 15 tahun, itu sudah cukup,” katanya dalam sebuah wawancara telepon. “Kapan terlepas dari pemerintahan ini?”. Dia juga membantah keluarganya memiliki aset di Irak.

Bulan lalu, dinas keamanan Irak menerbitkan 60 nama yang dicari karena dicurigai berafiliasi dengan kelompok teroris ISIS dan al-Qaeda serta Partai Ba’ath yang dilarang. Daftar tersebut termasuk nama putri sulung Saddam, Raghad, yang tinggal di Yordania di bawah perlindungan Raja Abdullah II, namun keberadaannya tetap tidak diketahui. (SFA/FNA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: