Fokus

Komentar Suriah Soal Operasi Intelijen Sadis Turki di Lattakia

Operasi Intelijen Turki di Lattakia

SURIAH – Sebuah sumber di pemerintahan Bashar al-Assad mengomentari pengumuman Turki bahwa mereka telah menyelesaikan operasi intelijen yang menyebabkan pengeboman distrik Rayhanli di negara bagian selatan Hattai, yang menewaskan 53 orang pada tahun 2013. Jaringan “Rusia Today” mengutip dari sumber keamanan di pemerintahan yang menolak cerita Turki.

Baca: Jet tempur Rusia Serbu Persembunyian Para Pemimpin Teroris di Lattakia Suriah :Video

Sumber itu menambahkan bahwa “orang ini tidak diketahui sepenuhnya oleh otoritas Suriah,” mengacu pada Yusuf Nazik, yang ditangkap oleh intelijen Turki dan membawanya dari Lattakia ke pedalaman Turki.

“Pemerintah Turki memiliki oposisi nyata di Brigade Iskenderun dan memiliki daftar besar orang-orang yang dicari, beberapa di antaranya mungkin telah mengunjungi Suriah untuk melihat keluarga mereka dan Turki dapat menekannya untuk mengarang cerita seperti itu,” kata pejabat Assad.

Baca: Peta Pertempuran Akbar dalam Waktu Dekat di Barat Laut Suriah

Dia mengatakan bahwa “Turki berusaha melakukan pembunuhan di dalam Suriah dan telah mengaku mencoba membunuh Ali Kayali (Mirage Oral).”

Menurut Anatolia, operasi itu dilakukan “tanpa dukungan logistik atau informasi apapun dari aparat intelijen asing, dan dinas intelijen Turki sendiri melakukan semua operasi deteksi, pemantauan, pengintaian, dan transportasi.”

Dua ledakan yang terjadi di distrik Rayhanli pada 11 Mei 2013, menewaskan 53 orang, menyebabkan puluhan luka-luka.

Baca: Komandan “Ahrar al-Sham” Tewas Dalam Bentrokan Dengan Tentara Suriah

Ledakan yang menargetkan wilayah Rayhanli dan kantor pos menyebabkan kerugian di 912 bangunan, 891 toko dan 148 kendaraan.

Pada 23 Februari, pengadilan Turki memvonis 9 dari 33 orang menjalani hukuman penjara seumur hidup dengan kerja paksa, sementara 13 lainnya dijatuhi hukuman antara 10 dan 15 tahun penjara. Delapan orang, termasuk Yusuf Nazik, dicari sehubungan dengan pemboman Rayhanli. (SFA)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Rusia-Turki-Iran Cegah Bencana Kemanusiaan | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: