Headline News

Komandan CTS: Dua Pertiga Kota Tua Mosul Dibebaskan dari ISIS

Senin, 26 Juni 2017

SALAFYNEWS.COM, MOSUL – Seorang komandan senior mengatakan pasukan Irak sejauh ini berhasil membebaskan dua pertiga kota Tua Mosul dari cengkeraman teroris ISIS, setelah terlibat dalam pertempuran sengit untuk membersihkan kota terbesar kedua dari Takfiri.

“Enam puluh lima sampai 70 persen kota Tua Mosul telah dibebaskan, kurang dari satu kilometer persegi tersisa untuk direbut kembali,” kata Letnan Kolonel Salam al-Obeidi dari Counter-Terrorism Service (CTS) pada kantor berita Sumaria, Minggu (25/06).

Dia memperkirakan hanya “beberapa ratus teroris ISIS” yang tersisa di kota Tua.

Tentara tentara Irak dan pejuang sukarela dari Unit Mobilisasi Populer, yang biasa dikenal dengan nama Arab, Hashd al-Sha’abi, telah melakukan penumpasan terhadap teroris ISIS sejak meluncurkan operasi pembebasan Mosul pada 17 Oktober 2016.

Pasukan Irak menguasai Mosul timur pada Januari setelah 100 hari pertempuran, dan melancarkan pertempuran di barat pada 19 Februari.

Diperkirakan 862.000 orang telah mengungsi dari Mosul sejak pertempuran merebut kembali kota tersebut dimulai pada sembilan bulan yang lalu. Sebanyak 195.000 warga sipil juga telah kembali, terutama ke wilayah yang telah terbebas dari ISIS di bagian Mosul timur. [Sfa]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: