Fokus

Kisah Haru, Jemaah Haji Suriah Gendong Jemaah Indonesia

Jemaah Suriah gendong jemaah haji Indonesia
Jemaah Haji Suriah gendong jemaah Indonesia

MINA – Selama dua hingga tiga hari jemaah haji bermalam di Mina, dan selama itu juga harus melontar jumrah ke Jamarat. Perkiraan jarak dari Mina ke Jamarat cukup jauh, bisa mencapai 4 kilometer lebih.

Perjalanan untuk menunaikan lempar jumrah bukan perkara mudah bagi jemaah haji Indonesia, utamanya bagi para lanjut usia. Kendati demikian, banyak pertolongan datang buat mereka, tak hanya Tanah Air juga dari luar negeri.

Baca: Janji Saudi Santuni Korban Mekkah Tak Kunjung Turun

Imam Hambali (75), jemaah haji yang awalnya begitu bersemangat untuk melontar jumrah dari Mina ke Jumarat, di tengah perjalanan, faktor usia mulai mempengaruhinya. Kakinya tak mampu lagi dibawa melangkah untuk menyelesaikan lontar jumrahnya.

Telapak sebelah kirinya lecet dan melepuh. Meski begitu, dengan tertatih-tatih ia masih mencoba memaksakan diri.

Di tengah jalan, bantuan yang tak terduga tiba bagi guru Madrasah Tsanawiyah Ponpes Sabilil Muttaqin, Kauman, Ploso, Nganjuk, Jawa Timur, tersebut. Tiga jemaah dari Suriah, masing-masing dengan perawakan tegap dan tinggi besar menawarkan diri untuk mengawalnya.

Baca: Tidak Ada Satupun Yang Dapat Mengelola Mekkah

Tak punya kursi roda atau tandu, mereka memaksa Imam naik ke pundak untuk dipanggul. “Saya bilang enggak mau tapi dipaksa,” ujar Imam saat ditemui di Maktab 37 Mina oleh petugas haji beberapa waktu lalu.

Imam langsung dibawa ke ujung pintu keluar Jamarat untuk mendapat perawatan oleh Tim Gerak Cepat (TGC) Panitia Penyelenggara Ibadah Haji.

Baca: Video Ngeri Seorang Pria Asing Bunuh Diri di Masjidil Haram

Meski kakinya masih diperban, Imam menyatakan tak ingin meninggalkan prosesi jumrah selanjutnya. Dia berjanji akan melengkapi sendiri prosesi melempar Ula, Wusta, dan Aqabah, dua hari selanjutnya. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: