Asia

Kim-Trump Bertemu, Ini Efek Bagi RI Versi Darmin Nasution

Darmin Nasution

JAKARTA – Pertemuan antara Presiden Donald Trump dan Presiden Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un di pulau Sentosa, Singapura menjadi hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh pelaku pasar dunia saat ini.

Lantas, apakah hasil pertemuan tersebut akan memberikan pengaruh bagi perekonomian global dunia, Tak terkecuali Indonesia?

Baca: Putin ke Trump: AS Harus Berikan Jaminan Keamanan kepada Korut

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyebut, dampak terhadap ekonomi domestik akan tetap bergantung pada hasil pertemuan antara kedua pemimpin AS dan Korea Utara itu.

“Tergantung kesepakatannya apa. Bukan ekonominya, tapi politiknya,” kata Darmin usai meninjau proyek MRT di kawasan Senayan, Jakarta, Senin (11/6/2018).

Baca: John Bolton: Pendekatan AS ke Korut Tidak Efisien

Adapun dalam pertemuan ini, diharapkan dapat mengakhiri perseteruan nuklir kedua negara dan mengubah perekonomian negara di Semenanjung Korea yang dikenal miskin itu, CNBC International melaporkan.

Baca: Jelang Pertemuan Trump-Kim Jong-Un, Intelijen AS Lacak Fasilitas Nuklir Korut

Mantan Gubernur Bank Indonesia itu mengatakan, dampak dari pertemuan tersebut tidak akan secara langsung dirasakan oleh Indonesia. Itupun, sambung dia, jika hasil pertemuan tersebut tak berujung positif. “Sentimennya akibat tidak langsung, bukan akibat langsung,” jelasnya. (SFA)

Sumber: CNBC

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: