Asia

Kim Jong-Un Pecat Kepala Spionase Korut & Eksekusi Mati Beberapa Pejabat

Jum’at, 03 Februari 2017 – 16.45 Wib,

SALAFYNEWS.COM, KORUT – Presiden Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un telah memecat orang terdekatnya yang menjabat sebagai kepala spionase negeri itu atas tuduhan penyalahgunaan kekuasaan. Atas perintah Jong-Un, otoritas Korut juga telah mengeksekusi mati sejumlah pejabat badan keamanan negara. (Baca: Rudal Balistik Korut Mampu Menjangkau AS)

Juru bicara Kementerian Unifikasi Korea Selatan (Korsel) Jeong Joon-Hee mengatakan, Menteri Keamanan Negara Korut Kim Won-Hong dipecat pada pertengahan Januari lalu setelah badan keamanan negara yang dipimpinnya diselidiki terkait penyalahgunaan kekuasaan dan korupsi.

“Kim Jong-Un memecat Kim Won-Hong, salah satu pembantu dekatnya yang mendukung pemerintahan terornya,” ujar juru bicara tersebut seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (3/2/2017). (Baca: Ancaman Korut: Kami Mampu Hancurkan AS Dengan Satu Kali Serangan)

Diimbuhkannya, kepala spionase Korut tersebut juga diturunkan pangkatnya dari jenderal bintang empat menjadi jenderal bintang satu.

Pejabat Kementerian Unifikasi Korsel lainnya mengatakan, otoritas Korut juga telah mengeksekusi mati sejumlah pejabat badan keamanan negara. Tidak disebutkan berapa jumlah pejabat yang dihukum mati tersebut.

Kim Won-Hong telah beberapa kali lolos dari operasi pembersihan sejak Kim Jong-Un berkuasa pada tahun 2011 lalu. Kepala badan mata-mata yang menjabat sejak tahun 2012 tersebut, memainkan peran penting dalam menangkap dan mengeksekusi paman Kim Jong-Un, Jang Song-Thaek pada tahun 2013 atas tuduhan makar.

Kim Jong-Un dilaporkan telah membunuh lebih dari 100 pejabat militer, partai dan pemerintah, termasuk pamannya, Jang dan Hyon Yong-Chol, mantan kepala pertahanan yang dihukum mati pada tahun 2015. (SFA/DetikNews)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Kim Jong-Un Pecat Kepala Spionase Korut & Eksekusi Mati Beberapa Pejabat | ISLAM NKRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: