Eropa

KETAKUTAN! NATO Cegat Dua Jet Rusia di Wilayah Udara Netral Dekat Estonia

Selasa, 02 Agustus 2017 – 07.26 Wib,

SALAFYNEWS.COM, ESTONIA – Pesawat NATO telah mencegat tiga jet Rusia yang terbang di dekat perairan netral, dekat dengan Estonia, kata aliansi militer Barat. “Dua jet F-18 Spanyol yang ditugaskan pada misi NATO di Baltik lepas landas dari Pangkalan Udara Amari Estonia. Jet Finlandia juga bergegas mencegat pesawat,” kata NATO dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari Selasa. (Baca: NATO Ketakutan Lihat Kemajuan Kekuatan Militer Rusia)

Ia menyatakan bahwa pesawat Rusia itu diantaranya adalah dua jet MIG-31 dan satu pesawat transport Antonov AN-26. NATO juga mengumumkan bahwa pesawatnya telah melanggar wilayah udara Finlandia sambil melakukan manuver pencegatan.

“Dalam penyerahan pencegatan ke jet Finlandia, jet-jet Spanyol secara tidak sengaja memasuki wilayah udara Finlandia … Komando Udara NATO telah menjelaskan kejadian tersebut ke Pusat Operasi Udara Finlandia untuk memperbaiki koordinasi di masa depan,” kata juru bicara NATO Dylan P. White. (Baca: Moskow Tanggapi Penumpukan NATO di Perbatasan Barat Rusia)

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa pesawat-pesawat Rusia “melakukan latihan penerbangan di atas perairan netral Laut Baltik … sesuai dengan peraturan penggunaan wilayah udara, tanpa melanggar batas-batas negara asing”.

“Selama misi tersebut, sebuah jet tempur F-18 NATO mendekati pesawat Rusia dan mengikutinya sekitar satu menit. Setelah itu berubah arah dan ditarik ke arah wilayah udara negara Baltik,” tambahnya.

Penyadapan oleh pesawat Rusia dan NATO saat pesawat terbang saling berhadapan untuk identifikasi telah menjadi kejadian yang sering terjadi di Laut Baltik selama beberapa tahun terakhir, karena aliansi Barat memperkuat kehadirannya di kawasan tersebut setelah kembalinya Krimea ke pangkuan Rusia dan konflik Ukraina. (Baca: VIDEO: F-16 NATO Dekati Pesawat Menhan Rusia)

Kremlin telah berulang kali mengecam apa yang dirasakannya sebagai histeria anti-Rusia yang meningkat dan Russophobia di Eropa, dan menyebut penumpukan militer NATO di perbatasan Rusia sebagai ancaman terhadap keamanan nasionalnya. Selanjutnya, Moskow menuduh NATO takut untuk membenarkan pengeluaran pertahanan yang lebih besar oleh negara anggotanya. (SFA)

Sumber: PTV

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: