Fokus

KESAL, Menlu Saudi Sebut Qatar Akan Jatuh Kurang dari Seminggu

Menlu Arab Saudi

Riyadh – Inilah fakta saudi budak AS di Suriah. Menlu Saudi Adel al-Jubair mengatakan pada hari Selasa (24/04) bahwa rezim Qatar akan jatuh kurang dari seminggu tetapi dengan satu kondisi.

Al-Jubeir mengatakan Qatar harus membayar kehadiran militer AS di Suriah jika ingin mempertahankan dukungan Washington.

Baca: Inilah “Tamparan” Keras Lavrov Kepada Menlu Saudi

“Qatar harus membayar kehadiran militer AS di Suriah dan mengirim pasukan militernya kesana, sebelum Presiden AS membatalkan perlindungan AS atas Qatar,” kata Jubeir dalam pernyataan yang disiarkan oleh Saudi Press Agency (SPA) pada hari Selasa.

Dia membuat pernyataan beberapa jam setelah Presiden AS Donald Trump mendesak negara-negara Timur Tengah yang kaya untuk meningkatkan pengeluaran mereka di Suriah dalam upaya untuk menahan Iran setelah runtuhnya kelompok-kelompok teroris dukungan mereka.

Baca: Bualan Terbaru Menlu Saudi di Munich Jerman Tentang Yaman

Pekan lalu, diplomat Saudi menyatakan kesiapan Riyadh untuk mengirim pasukan ke Suriah sebagai bagian dari potensi penyebaran yang lebih luas yang dipimpin oleh AS.

Komentar itu muncul sebagai tanggapan atas seruan Trump terhadap sekutu Washington, “termasuk Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Qatar, Mesir, dan lainnya” untuk membentuk pasukan Arab guna menggantikan militer AS di Suriah.

“Kami telah meminta mitra kami untuk mengambil tanggung jawab yang lebih besar untuk mengamankan wilayah asal mereka, termasuk menyumbang lebih banyak uang,” katanya.

Baca: Menlu Saudi: Bashar Assad Harus Hengkang atau Kami Perangi

Selain itu, surat kabar Amerika Serikat dan Stripes mengungkapkan bulan lalu bahwa Trump telah meminta Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dari Arab Saudi sebesar 4 miliar dolar untuk dibelanjakan memajukan tujuan Washington di Suriah.

Rezim Riyadh, pendukung setia militan anti-Damaskus, khawatir penarikan pasukan AS dapat membantu Suriah memenangkan perang melawan kelompok-kelompok ekstremis yang diilhami oleh Wahabisme, ideologi Takfiri yang mendominasi kerajaan Saudi. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: