Amerika

Kerjasama Busuk Saudi-AS-Israel Bubarkan Palestina

Bendera Saudi-AS-Israel

NEW YORK – Arab Saudi mendukung upaya AS dan Israel untuk melemahkan upaya rakyat Palestina untuk memiliki negara merdeka. Seorang penulis dan akademisi Amerika yang telah banyak mengangkat mengenai isu-isu politik dengan fokus khusus pada Amerika Latin, Timur Tengah dan imperialisme, menyampaikan hal ini.

Karikatur

Karikatur

“Sangat jelas bahwa Arab Saudi bekerjasama dengan Israel dan Amerika Serikat untuk meruntuhkan kemungkinan berdirinya negara Palestina yang merdeka,” kata James Petras, seorang pensiunan profesor Sosiologi di Binghamton University di Binghamton, New York.

Baca: Tolak Normalisasi Hubungan Riyadh-Israel, Saudi Tangkap Aktivis

“AS dan Israel berusaha mengusir warga Palestina yang tersisa dari wilayah pendudukan dan semakin melemahkan Otoritas Palestina,” kata Petras dalam wawancaranya kepada Press TV pada hari Kamis (21/06).

 “Kebijakan AS dan Arab Saudi adalah menyerahkan kendali Jerusalem al-Quds ke Israel dan mengubah warga Palestina menjadi warga kelas kedua dan ketiga,” tambahnya.

Otoritas Palestina, yang telah membekukan kontak dengan Washington karena sikap bias mereka yang mendukung Tel Aviv, saat ini sedang bekerja untuk membentuk mekanisme mediasi internasional guna menggantikan AS.

Baca: Pertemuan ‘Busuk’ Putra Mahkota Saudi dengan Lobi Zionis di AS

Pada putaran kedua dari tur regionalnya, menantu dan penasehat senior Presiden AS Donald Trump, Jared Kushner telah bertemu dengan Pangeran Mahkota Saudi Mohammad bin Salman untuk melakukan pembicaraan tentang konflik Israel-Palestina dimana Washington bersiap untuk mengungkap apa yang mereka sebut sebagai kesepakatan abad ini.

Dalam pertemuan pada hari Rabu di Arab Saudi, yang berlangsung di hadapan utusan khusus AS untuk Timur Tengah Jason Greenbelt, menurut pernyataan dari Gedung Putih kedua belah pihak saling bertukar pandangan tentang hubungan bilateral Washington-Riyadh serta masalah Palestina.

Baca: Arab Saudi Terang-terangan Jalin Kerjasama dengan Zionis Israel

Kushner memulai turnya pada hari Selasa di Amman, di mana ia dan Greenblatt duduk untuk berunding dengan Raja Yordania Abdullah II. Sehari sebelumnya, raja Yordania telah bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk membahas apa yang mereka sebut proses perdamaian. (SFA)

Sumber: Arrahmahnews.com

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: PBNU Bertemu Kedubes Palestina di Jakarta | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: