Headline News

Kepala HAM PBB Serukan Penyelidikan Kejahatan Perang Saudi di Yaman

Selasa, 12 September 2017 – 06.56 Wib,

SALAFYNEWS.COM, YAMAN – Kepala Hak Asasi Manusia (HAM) PBB telah menyerukan penyelidikan terhadap serangan udara Arab Saudi atas warga sipil di Yaman.

Zeid Ra’ad al-Hussein menyampaikan ucapan tersebut pada pidato hari Senin (11/09) di Dewan Hak Asasi Manusia PBB, Jenewa, setelah badan global tersebut mengumumkan lebih dari 5.000 kematian warga sipil atas serangan udara Arab Saudi.

Baca: Perang Yaman Kutukan Bagi Dinasti Kerajaan Saudi

“Upaya minimal yang dilakukan terhadap pertanggungjawaban selama setahun terakhir tidak cukup untuk menanggapi beratnya pelanggaran yang terus berlanjut dan sehari-hari yang terlibat dalam konflik ini,” katanya. Seruan terakhir untuk penyelidikan adalah yang ketiga dilakukan oleh kepala hak asasi manusia PBB.

Pekan lalu, kantornya menekankan bahwa 47 negara di Dewan Hak Asasi Manusia tidak bertanggung jawab secara serius, dan memanggil mereka untuk menyelidiki “malapetaka buatan manusia sepenuhnya”.

Baca: Perang Barbar Saudi di Yaman Hanya Ciptakan Kehancuran Islam

Pada hari Jumat, Human Rights Watch (HRW) mengecam koalisi yang dipimpin Saudi karena penolakannya untuk memberikan informasi mengenai perannya dalam serangan udara besar-besaran melawan Yaman dalam upaya untuk menghindari pertanggungjawaban hukum internasional.

Bahrain, Kuwait, Uni Emirat Arab, Mesir, Yordania, Maroko, dan Sudan adalah bagian dari koalisi Arab Saudi. Qatar menarik diri dari koalisi pada bulan Juni di tengah keretakan diplomatik dengan Riyadh, Manama, Cairo, dan Abu Dhabi.

Baca: Pembantaian di Yaman Bukti Saudi Tak Faham Etika Perang, Kemanusiaan dan Islam

Arab Saudi bersama dengan sekutunya telah menginvansi Yaman sejak Maret 2015 dalam upaya menghancurkan gerakan Houthi Ansarullah dan mengembalikan mantan presiden, Abd Rabbuh Mansur Hadi, sekutu setia rezim Riyadh. (SFA)

Sumber: PTV

1 Comment

1 Comment

  1. rafi

    September 17, 2017 at 3:29 pm

    mending periksa amerika,,,
    kejahatan perangnya sangat banyak di afghan,,,lybia,,, iraq apalagi…..
    amerika negara yerbanyak yg meniimbulkan kematian bayi di negeri negeri asia dan timteng…..
    di vietnam amerika telah memulai membunuhi orang orang awam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: