Nasional

Kepala BNPT: Bom Solo Imbas dari Konflik Timur Tengah

Rabu. 06 Juli 2016,

SALAFYNEWS.COM, JAKARTA – Bom bunuh diri di depan Mapolres Solo, Jawa Tengah, pada Selasa pagi 5 Juli 2016 disebut merupakan limpahan dari konflik Timur Tengah yang berlarut-larut.

“Apa yang terjadi di Indonesia ini merupakan tumpahan/imbas dari konflik di Timur Tengah. Selama konflik ini tidak diselesaikan, akan terus berdampak ke negara-negara lain yang memiliki jaringan,” kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Tito Karnavian dalam keterangan pers bersama Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, di Solo, Jawa Tengah, kemarin. (Baca: BELAJAR DARI SURIAH, Inilah Karakteristik Ashabul Fitnah yang Hancurkan Sebuah Bangsa)

Menurutnya, bom bunuh diri itu merupakan fenomena internasional atas keberadaan ISIS, Tito berharap kerja sama internasional diperkuat untuk sebagai langkah antisipasinya.

Terduga pelaku, Nur Rohman, disebut merupakan jaringan Abu Mushab yang tertangkap di Bekasi pada pergantian tahun kemarin.

“Abu Mushab ini berafiliasi dengan Bahrun Naim yang berada di Suriah. Otomatis pelaku memiliki hubungan dengan Bahrun,” kata Tito.

Pada kesempatan itu, Tito memaparkan beberapa langkah yang harus segera dilakukan. Salah satunya, mendesak Panitia Khusus DPR merevisi UU Antiterorisme. Dia yakin penguatan UU itu bisa mengimbangi taktik para teroris yang terus berkembang. (Baca: GAWAT.. ISIS Aktif Sebarkan Propaganda ‘Khilafah’ di Sejumlah Masjid di Jakarta)

“Kenyataannya, banyak kelompok yang lebih pintar mengelak dari petugas dan memiliki taktik lebih cerdas. Revisi UU Antiterorisme perlu dilakukan,” ujarnya.

Tito menerangkan penanganan dalam lingkup lokal dapat dilakukan dengan menetralisasi paham radikal. “Pemerintah harus membuat kegiatan untuk menekan ideologi radikal,” ujarnya.

Secara regional, lanjut dia, kerja sama harus terjalin dengan baik. Tito mencontohkan teror bom yang terjadi di Puchong, Malaysia, belum lama ini. “Harus ada kerja sama di tingkat regional sebagai upaya membaca situasi,” ujar dia. (SFA)

Sumber: Metrotvnews.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: