Headline News

Kemenangan Aleppo Bikin Saudi Marah dan Tangkap Warga Suriah

Sabtu, 17 Desember 2016,

SALAFYNEWS.COM, ARAB SAUDI – Pihak Keamanan Arab Saudi yaitu badan kepolisian di wilayah Riyadh telah menangkap seorang warga Suriah yang dituduh terlibat dalam mepubllikasikan laporan mengenai perang di Suriah. Surat kabar al-Riyadh pada Jumat (16/12) mengatakan bahwa pihak kepolisian Saudi menangkap seorang warga Suriah bernama Samer Lababidi yang tinggal di ibukota Saudi setelah ia memposting foto dirinya di situs jejaring sosial Facebook yang mengungkapkan kegembiraannya atas keberhasilan tentara Suriah yang telah berhasil membebaskan kota asalnya Aleppo kelompok teroris. (Baca: Kakek Pikun Asal Rembang Dihukum Cambuk dan Penjara 6 Bulan Oleh Saudi)

Samer Lababidi unggah sebuah foto yang disertai dengan sebuah keterangan tentang perkembangan di kota Aleppo dengan mengangkat tangannya sebagai tanda kemenangan. Dan gambar tersebut dimodifikasi untuk menyamarkan pemiliknya yang disebutkan berusia sekitar 40 tahun. Ia ditangkap atas tuduhan mempublikasikan data dan laporan mengenai perang yang berlangsung di Suriah.

Juru bicara media kepolisian wilayah Riyadh, Kolonel Fawaz al-Maiman menjelaskan bahwa ia sedang menindak lanjuti apa yang tersebar di situs jejaring sosial. Dan telah tersebar informasi tentang apa yang dilakukan oleh pria pemegang akun jejaring sosial berkebangsaan Suriah yang berusia 40 tahun, yang menyebarkan laporan atas perang yang berlangsung di Suriah dan apa yang terjadi di Aleppo. Tim investigasi kriminal kepolisian setempat sedang menyelidiki tuduhan terhadap dirinya dan memeriksa serta menyita peralatan-peralatan yang ia gunakan sebelumnya dan menyerahkannya ke kantor polisi yang menangani kasus ini, dan memindahkannya dengan penjagaan ke kantor cabang biro penyelidikan dan penuntutan di wilayah tersebut untuk menyelesaikan prosedur pemeriksaan terhadap dirinya oleh pihak yang berwenang, seperti dilansir oleh Arabic.SputnikNews (16/12). (Baca: Hukum Penggal Kepala di Saudi Buat Rakyat Bukan untuk Keluarga Kerajaan)

Beberapa pihak menilai penangkapan Labibidi ini erat kaitannya dengan kemarahan Saudi atas kekalahan kelompok-kelompok teroris dukungan Saudi dan sekutunya yang melawan pemerintah Suriah sejak 2011, ketika konflik pecah di negara itu. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: