Headline News

Kelompok Takfiri dan Agen Asing Dibalik Demo Anti Pemerintah Iran

Senin, 01 Januari 2018 – 07.54 Wib,

SALAFYNEWS.COM, TEHERAN – Presiden Iran Hassan Rouhani akhirnya bersuara soal aksi demonstrasi antipemerintah. Rouhani mengatakan boleh untuk protes tapi harus menghindari kekerasan.

Baca: Iran Sebut Arab Saudi Perusak Stabilitas Timur Tengah

“Orang-orang bebas untuk mengkritik pemerintah dan melakukan demonstrasi. Namun demonstrasi harus dilakukan sedemikian rupa untuk memperbaiki situasi di negara ini dan kehidupan mereka,” kata Rouhani, dilansir dari Reuters, Senin (01/01/2018). “Perlu diingat, kritik berbeda dengan kekerasan yang merusak fasilitas pemerintah,” lanjutnya lagi.

Seorang pejabat Iran juga angkat suara pada hari Minggu (31/12) menyatakan bahwa dua orang yang tewas dalam demonstrasi anti-pemerintah di Dorud telah menjadi sasaran agen asing yang sengaja ingin menciptakan kekacauan, dan bukan polisi Iran.

Baca: Israel Dalang Dibalik Pembunuhan Para Ilmuwan Iran

Dalam sebuah wawancara di televisi pemerintah sebagaimana dilaporkan AlMasdar, Deputi Gubernur Provinsi Lorestan menyatakan bahwa kerusuhan yang terjadi dalam demonstrasi baru-baru ini diprovokasi oleh “musuh revolusi, kelompok takfiri dan agen asing. Tidak ada tembakan yang dilakukan oleh polisi dan pasukan keamanan.”

Pernyataan ini ia sampaikan untuk menentang laporan media-media utama Barat yang menuduh pasukan keamanan menembaki pemrotes di Dorud pada hari Sabtu lalu, pada hari ketiga demonstrasi anti-pemerintah nasional melawan kenaikan harga pangan, pengangguran dan dugaan korupsi.

Baca: Presiden Tunisia: Iran Satu-satunya Harapan Melawan Zionis Israel

Menurut laporan, harga makanan pokok seperti telur di Iran telah meningkat hingga 40 persen dalam beberapa hari terakhir. Protes tersebut menandai terbukanya perbedaan pendapat paling mencolok di Republik Islam sejak demonstrasi pro-reformasi di tahun 2009. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: