Fokus

Kelompok Bersenjata Dukungan Turki Rampok Sejumlah Besar Toko di Afrin Suriah

Rabu, 21 Maret 2018 – 07.56 Wib,

SALAFYNEWS.COM, SURIAH – Orang-orang bersenjata yang didukung Turki pada hari Minggu menjarah dan merampok sejumlah besar toko di Afrin setelah menguasai kota yang terletak di Suriah utara tersebut, menurut dua koresponden AFP.

Baca: Pasukan Elit Turki Tewas Saat Bentrokan dengan Tentara Kurdi di Afrin Suriah

Yang disebut “Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia” telah mengkonfirmasi penjarahan di kota Afrin. Sementara seorang wartawan AFP melihat orang-orang bersenjata dari faksi Suriah pro-Ankara meninggalkan toko, restoran dan rumah dengan  membawa makanan, peralatan elektronik, selimut dan barang lainnya sebelum dibawa dengan mobil dan truk ke luar kota. Beberapa juga menyita sepeda motor, mobil dan traktor.

Seorang penduduk mengatakan kepada AFP pada hari Minggu pagi bahwa dia telah melihat orang-orang bersenjata membuka toko dan mengambil alih isinya, dan ada yang mencuri mobil yang diparkir di kedua sisi jalan. Beberapa orang bersenjata membakar sebuah toko minuman keras.

Observatorium Suriah mengkonfirmasi bahwa orang-orang bersenjata yang setia ke Ankara telah “menjarah properti warga negara dan isi markas politik, militer, mekanisme, mobil dan toko di kota.”

Menambahkan juga bahwa “penjarahan mekanisme dan rumah dan alat pertanian,” menunjukkan bahwa hal itu telah terulang di desa-desa dan kota-kota yang sebelumnya mereka kuasai di wilayah Afrin, “beberapa orang kembali dan menemukan rumah mereka kosong isinya.”

Baca: Turki Temukan Gudang Senjata dan Amunisi Besar AS di Afrin Suriah

Pada hari Minggu, pasukan Turki dan faksi bersenjata Suriah mereka menguasai kota Afrin menyusul sebuah operasi militer yang diluncurkan pada 20 Januari yang menurut Ankara ditujukan untuk melindungi orang-orang Kurdi dari kota.

Dan mencegah pendekatan pertempuran dari kota Afrin dengan 250 ribu orang untuk pelarian diri sejak Rabu, menurut observatorium tersebut. Kebanyakan dari mereka pergi ke daerah yang dikuasai tentara Suriah di utara Aleppo.

Terlepas dari kerugian mereka di kota Afrin, orang Kurdi mengumumkan niat mereka untuk memulihkan wilayah tersebut, yang merupakan salah satu wilayah pemerintahan mereka sendiri.

Pemerintahan Kurdi Afrin mengatakan bahwa “kekuatan kita hadir di mana-mana di geografi Afrin, dan kekuatan ini akan membalas agresi Turki dan tentara bayarannya di setiap kesempatan.”

Baca: Konflik Tak Jelas Antara Kurdi dan AS Lawan Turki di Afrin Suriah

Serangan Turki dalam dua bulan membunuh lebih dari 1500 militan Kurdi, menurut Observatorium Suriah, yang menjelaskan bahwa “mayoritas terbunuh dalam serangan dan tembakan artileri oleh pasukan Turki.”

Observatorium tersebut mendokumentasikan kematian lebih dari 400 faksi pro-Ankara Suriah yang bersenjata. Tentara Turki juga mengumumkan terbunuhnya 46 tentara mereka. (SFA/Al Alam)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Suriah Kirim Pasukan dan Alat Militer ke Afrin | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: