Headline News

Kekuasaan ISIS Tinggal 6% di Mosul, 10 Hari ke Depan Akan Tumbang

Senin, 15 Mei 2017

SALAFYNEWS.COM, MOSUL – Anggota badan keamanan di dewan provinsi Nineveh, Hussam Abbar, pada hari Minggu (14/05) mengungkapkan tentang menyusutnya wilayah yang dikuasai organisasi teroris ISIS yang saat ini hanya mencapai 6% saja, di mana pembebasan seluruh kota Mosul diperkirakan akan tuntas dalam sepuluh hari ke depan.

Abbar mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada kantor berita Al-Maalomah bahwa “pasukan keamanan Irak di berbagai titik terus bergerak maju di barat Mosul sehingga hanya tersisa sekitar 6% wilayah dari total wilayah Mosul yang masih berada di bawah kendali dan penguasaan organisasi teroris ISIS”.

Ia juga mengatakan bahwa “pembebasan wilayah reformasi agraria di Mosul juga sangatlah penting karena wilayah ini merupakan pusat-pusat keberadaan ISIS dan mereka menjadikan wilayah ini sebagai titik untuk memulai operasi-operasi terorisme”.

Ia juga menambahkan bahwa “satuan militer Irak telah banyak menciptakan koridor aman di wilayah ini untuk menerima warga yang mengungsi, dan tercatat bahwa militer Irak telah menerima lebih dari 15.000 orang dan mereka ditempatkan di kamp-kamp pengungsi di pantai kiri Mosul”.

Abbar mengatakan “pasukan anti-terorisme Irak telah menyerbu wilayah Al-Obaidy dan Rifai sementara itu polisi federal Irak juga menyerbu daerah Hay 17 Tammoz”.

Abbar mengungkapkan bahwa “pasukan keamanan Irak sedang mempersiapkan diri untuk menyerbu kawasan kota tua di pantai kanan Mosul”. Ia menambahkan bahwa “para teroris ISIS tengah berkumpul di wilayah ini di lorong-lorong sempitnya”.

Anggota badan keamanan Irak di Nineveh memperkirakan bahwa pertempuran-pertempuran di barat Mosul akan selesai dalam sepuluh hari ke depan.

Abbar juga mengatakan bahwa kepala staf pasukan Irak, Letnan Jenderal Othman Ghanimi pada hari rabu lalu (10/05) memperkirakan bahwa pemerintah Irak akan menguasai kembali wilayah-wilayah yang tersisa di kota Mosul yang masih dikuasai ISIS sebelum awal bulan Ramadhan. [Sfa]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: