Headline News

KEJAM! Arab Saudi Penggal Kepala dan Salib Warga Myanmar

foto hukum penggal di Saudi
foto hukum penggal di Saudi

ARAB SAUDI – Arab Saudi telah memenggal kepala dan “menyalibkan” seorang warga negara Myanmar atas tuduhan pembunuhan, pencurian dan percobaan perkosaan, seperti dilansir PressTv (08/08).

Saudi Press Agency (SPA) melaporkan pada hari Rabu bahwa Elias Abulkalaam Jamaleddeen dieksekusi di kota suci Mekah di bawah persetujuan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud.

Jamaleddeen dituduh memasuki rumah seorang warga Myanmar dan menggunakan senjata api, lalu menikam pemilik rumah itu hingga mati dan merampok isi rumahnya.

Dia juga dituntut karena merampok rumah lain, percobaan perkosaan, dan pencurian senjata api dan amunisi.

Ini pertama kalinya Arab Saudi menyalibkan narapidana – sebuah proses di mana orang yang dikutuk setelah dipenggal kepalanya, kemudian tubuhnya dipajang dengan tangan terulur.

Pada bulan Juli, Arab Saudi membunuh beberapa narapidana yang dihukum karena pembunuhan dan perdagangan obat bius.

Pada bulan April, Organisasi Eropa-Saudi untuk Hak Asasi Manusia (ESOHR) mengatakan bahwa jumlah pemenggalan di Arab Saudi selama kuartal pertama 2018 naik lebih dari 70 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Menurut kelompok HAM yang bermarkas di London, Amnesty International, banyak orang di Arab Saudi dijatuhi hukuman mati dan dieksekusi mengikuti proses pengadilan yang sangat cacat atau jauh dari standar internasional.

Ia menambahkan bahwa terdakwa sering dihukum hanya atas dasar “pengakuan” yang diperoleh di bawah penyiksaan dan perlakuan sewenang-wenang lainnya, menolak pengacara dalam persidangan yang diadakan secara rahasia, dan tanpa ada pemberitahuan tentang kemajuan proses hukum atau kasusnya.

Kelompok hak asasi anti-hukuman mati, Reprieve mengatakan pada Maret bahwa tingkat eksekusi di Arab Saudi telah meningkat sejak Mohammed bin Salman diangkat menjadi putra mahkota pada tahun 2017. Kelompok itu mengatakan 133 eksekusi telah terjadi dalam delapan bulan sejak pengangkatannya pada Juni lalu, dibandingkan dengan 67 dalam delapan bulan sebelumnya. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: