Internasional

Keamanan Irak Belum Stabil Karena Masih Ada Pelindung Teroris

Rabu, 28 Desember 2016,

SALAFYNEWS.COM, BAGHDAD – Pemerintah Irak yang di wakili Menteri Dalam Negeri, Aqil al-Khazali, pada hari selasa (27/12) mengungkapkan tentang jumlah anggota organisasi teroris ISIS setelah dua tahun jatuhnya kota Mosul, ia juga mengatakan bahwa berulangnya ke tidak stabilan keamanan yang terjadi di Irak disebabkan oleh masih adanya “wadah-wadah pelindung ekstrimisme”. (Baca: Ulama Irak: Teroris ISIS Ciptakan Negara Dajjal Bukan Pemerintahan Islam)

Al-Khazali mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikutip Almaalomah (27/12) bahwa, “pasukan keamanan Irak, Hashd al-Shaabi dan Peshmerga telah berhasil merebut tiga kota besar di Irak dari kendali organisasi teroris ISIS setelah peristiwa pada bulan juni 2014 dan saat ini mereka sedang menuju pembebasan provinsi keempat yang dianggap sebagai markas utama ISIS”.

Al-Khazali juga mengatakan bahwa ”perkiraan jumlah ISIS di Irak saat ini mencapai 6.000 orang, setelah ribuan dari mereka telah terbunuh, terluka, melarikan diri dan ditangkap selama operasi pembebasan oleh pasukan Irak selama dua tahun terakhir”. Ia juga mengatakan bahwa ”semua anggota ISIS yang tersisa akan bernasib sama yakni akan terbunuh ataupun tertangkap di tangan pasukan keamanan gabungan Irak”. (Baca: PM Irak Nyatakan Teroris Telah Gagal Total Memecah Belah Rakyat)

Berkaitan dengan ketidakstabilan keamanan yang terjadi di Baghdad dan daerah-daerah yang telah dibebaskan, al-Khazali mengatakan bahwa “ketidakstabilan keamanan pasti terjadi di sebagian besar negara-negara yang tengah di huni oleh teroris”, ia juga menghubungkan penyebab ketidakstabilan dengan keberadaan wadah-wadah perlindungan dan bibit-bibit ekstrimisme di beberapa daerah di Irak. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: