Fokus

Kasus Berjalan Jonru Mendadak Umroh, Pelapor Minta Polisi untuk Mencekalnya

Sabtu, 09 September 2017 – 08.08 Wib,

SALAFYNEWS.COM, JAKARTA – Jonru Ginting kabarnya akan segera melaksanakan ibadah umrah dalam waktu dekat ini. Hal tersebut disampaikan oleh Jonru dalam akun Facebook pribadinya.

Baca: LAGI, Jonru Ginting Dilaporkan Ke Polda Metro Jaya Terkait Kasus Ujaran Kebencian

Dalam unggahannya di Facebook, Jonru mengatakan bahwa ia telah menerima email pada tanggal 6 September 2017 silam dari sebuah perusahaan travel di Bandung bernama Cendikia Muslim Mandiri (CMM). Email tersebut berisi tawaran umrah gratis dari CMM kepada Jonru pada bulan November 2017 mendatang. Bahkan CMM juga telah menyiapkan segala kebutuhan Jonru saat ibadah umrah nanti. “Singkat cerita, tanggal 7 September 2017 malam hari, utusan dari CMM datang ke kantor LBH Bang Japar (kuasa hukum saya) di Jakarta, karena kebetulan saya sedang berada di sana,” tulis Jonru.

Baca: WOW! Muannas Minta Kominfo Blokir Akun Medsos Jonru Karena Bahayakan Negara

Pelapor minta Jonru dicekal

Diketahui sebelumnya, Jonru tengah terjerat kasus dugaan ujaran kebencian melalui media elektronik. Jonru dilaporkan dengan Pasal 28 ayat 2 Juncto Pasal 45 ayat 2 Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik oleh Ketua Advokat Muda Muannas Al Aidid, Kamis (31/8/2017).

Baca: Yusuf Muhammad: JONRU, SANG DAJJAL MEDSOS

Selain Muannas, Jonru juga dilaporkan ke polisi dengan tuduhan serupa oleh pengacara bernama Muhamad Zakir Rasyidin ke Mapolda Metro Jaya. Zakir melaporkan Jonru dengan Pasal 27 ayat 3 jo pasal 28 ayat 2 UU RI nomor 19 tahun 2016 tentang ITE tentang pencemaran nama baik dan atau fitnah yang bermuatan kebencian dan SARA.

Namun, diketahui Jonru kini telah mengumumkan bahwa dirinya akan pergi beribadah umrah November mendatang. Atas adanya pengumuman tersebut, Muannas segera mengambil tindakan tegas. Ia telah meminta kepada penyidik agar yang bersangkutan segera dicekal untuk kepentingan penyidikan.

“Jonru diduga mendadak umrah, saya sudah minta penyidk agar yang bersangkutan segera dicekal utk kepentingan penyidikan,” tulis Muannas dalam Twitternya.

Polisi gelar perkara dari laporan Muannas

Untuk diketahui, pihak kepolisian mengatakan akan segera melakukan gelar perkara terhadap Jonru. Hal itu disampaikan oleh Direktur Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Adi Deriyan kepada Kompas.com di Mapolda Metro Jaya, Kamis (7/9/2017).

“Kami masih dalam proses lidik. Nanti setelah ada gelar perkara menyusul dengan masuknya unsur pidana atau tidak nanti saya sampaikan,” ujar Adi. Kini penyidik tengah mempelajari barang bukti yang disertakan oleh Muannas. Selain itu, penyidik telah memeriksa dua orang saksi, yakni Guntur Romli dan Slamet Abidin. Kedua saksi tersebut disebut Muannas mengetahui postingan Jonru. “Dokumen-dokumen ini telah diterima oleh penyelidik. Administrasi sudah kami buat dan sekarang proses mempelajari laporan yang bersangkutan,” kata Adi. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: