Headline News

Kapal Selam Rusia Hajar Jabhat Fath al-Sham dengan Rudal Jelajah di Idlib Suriah

Sabtu, 23 September 2017 – 07.34 Wib,

SALAFYNEWS.COM, SURIAH – Kapal selam Rusia kembali menembakkan rentetan rudal jelajah ke posisi teroris Jabhat Fatah al-Sham -yang sebelumnya dikenal dengan Jabhat Al-Nusra- di provinsi Idlib, barat laut Suriah. Serangan ini hanya beberapa hari setelah para ekstrimis menyerang satu unit Polisi Militer Rusia.

Baca: Serangan Sukhoi 33 Rusia Hancurkan Jabhat Al-Nusra di Aleppo dan Hama

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kapal selam Veliky Novgorod dari kelas Varshavyanka -yang dinama “Improved Kilo” oleh NATO- melepaskan rudal pada hari Jumat dari Laut Mediterania.

“Peluncuran rudal tersebut menargetkan basis pertahanan, tenaga kerja, dan kendaraan lapis baja yang baru terdeteksi, serta depot amunisi teroris Jabhat al-Nusra di provinsi Idlib,” kata seorang sumber militer yang tidak disebutkan namanya.

Kapal selam Veliky Novgorod meluncurkan rudal jelajah Kalibr dari Laut Mediterania ke posisi kelompok militan Takfiri Jabhat Fatah al-Sham di provinsi Idlib pada tanggal 22 September 2017. (Foto via Reuters).

Sebuah gambar yang diambil dari rekaman video dan dikeluarkan oleh Kementerian Pertahanan Rusia pada tanggal 22 September 2017, menunjukkan kapal selam Veliky Novgorod meluncurkan rudal jelajah Kalibr dari Laut Mediterania ke posisi kelompok militan Takfiri Jabhat Fatah al-Sham di provinsi Idlib pada tanggal 22 September 2017. (Foto via Reuters).

Baca: Serangan Rusia Tewaskan Para Pentolan Jabhat Al-Nusra di Idlib

Sumber tersebut menambahkan, “Rudal tersebut terbang sekitar 300 kilometer. Menurut data pemantauan obyektif, dan mengenai semua target yang telah ditetapkan.” Awal pekan ini, teroris Jabhat Fatah al-Sham telah menyerang tentara Rusia yang ditempatkan di provinsi Hama.

Kolonel Jenderal Sergei Rudskoi, kepala Departemen Operasi Utama Staf Umum Rusia, juga mengatakan pada hari Selasa bahwa militan Jabhat Fatah al-Sham telah meluncurkan serangan besar-besaran terhadap posisi pasukan Suriah di zona de-eskalasi Idlib untuk menghentikan serangan pasukan pemerintah di provinsi Deir Ezzor. Serangan itu kemudian dibalas.

Provinsi Idlib yang berbatasan dengan Turki, sebagian besar berada di bawah kendali teroris Jabhat al-Nusra. Ini ditutupi oleh salah satu dari empat zona de-eskalasi yang ditetapkan untuk memisahkan kelompok ekstremis, termasuk ISIS dan Jabhat Fatah al-Sham, dari pemberontak moderat.

Sementara itu, tentara Suriah telah membebaskan beberapa desa di sisi barat provinsi timur Deir Ezzor dari cengkeraman teroris ISIS. Kantor berita resmi Suriah SANA melaporkan bahwa unit tentara telah menguasai desa-desa Halbia, Zalbia dan al-Qasabi.

Baca: Rusia Ungkap Negara yang Telah Berikan Peta Teroris di Suriah

Tim penjinak ranjau sekarang tengah menyisir desa-desa untuk meledakkan sisa-sisa bom dan melakukan improvisasi alat-alat peledak yang ditinggalkan oleh teroris ISIS.

Televisi al-Ikhbariya al-Soriyah milik swasta dan pro-pemerintah melaporkan bahwa pasukan pemerintah Suriah telah sampai di tepi Sungai Efrat, dan menyelesaikan pengepungan terhadap militan Takfiri di ibu kota provinsi Deir Ezzor. (SFA)

Sumber: PTV

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: