Amerika

Kapal Perusak USS Cole Dikirim Untuk Lindungi Aliansi Saudi dari Rudal Houthi

Minggu, 05 Februari 2017 – 09.15 Wib

SALAFYNEWS.COM, WASHINGTON – Di tengah ketegangan antara Washington dan Teheran, Angkatan Laut AS mengirim kapal perusak untuk melindungi perairan Yaman dari aliansi Houthi-Saleh, yang dituduh bersekutu dengan Iran, kantor berita Reuters melaporkan, pada hari Jumat (3/02/2017), yang dikutip oleh dua pejabat AS yang tidak disebutkan namanya. (Baca: Jubir Yaman: Kami Belum Gunakan Semua Rudal Untuk Serang Kapal Saudi)

Menurut pejabat itu, kapal perusak USS Cole tiba di sekitar selat Bab al-Mandab, dimana ia akan melakukan patroli, termasuk penyerangan.

Sementara itu, warga setempat mengatakan bahwa kapal Amerika dikerahkan ke wilayah perairan Yaman untuk melindungi kapal perang koalisi yang dipimpin Saudi yang berada dalam jangkauan rudal Houthi-Saleh.

Pejabat itu juga mengatakan kepada Reuters, keputusan untuk menyebarkan kapal perusak ke pantai Yaman adalah bagian dari peningkatan kehadiran Angkatan Laut Amerika di wilayah itu, yang ditujukan untuk memblokade aliansi Houthi-Saleh dari dunia luar.

Pada awal pekan ini, aliansi menyerang sebuah kapal perang Saudi di lepas pantai barat Yaman. Dua anggota awak kapal tewas dalam ledakan. Pada hari Sabtu, dalam konferensi pers di Tokyo, Menteri Pertahanan AS James Mattis menyebut Iran sebagai salah satu sponsor utama terorisme. (Baca: Takut Disikat Rudal Yaman, UEA Siapkan Rudal Thaad dan Pantsir-S)

Pada saat yang sama, Kepala Pentagon mengatakan bahwa ia tidak melihat kebutuhan untuk membangun kehadiran militer AS di Timur Tengah karena masalah Republik Islam Iran.

“Tidak baik untuk mengabaikan itu. Pada saat yang sama, saya tidak melihat kebutuhan untuk meningkatkan jumlah pasukan yang kita miliki di Timur Tengah saat ini,” tambah Mattis. (SFA)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Kapal Perusak USS Cole Dikirim Untuk Lindungi Aliansi Saudi dari Rudal Houthi | ISLAM NKRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: