Asia

Kapal AS Tabrakan dengan Kapal Filipina di Laut Jepang, 7 Marinir Hilang

Sabtu, 17 Juni 2017 – 14.10 Wib,

SALAFYNEWS.COM, JEPANG – Penjaga pantai Jepang pada hari Sabtu (17/06) mengungkapkan bahwa 7 awak kapal perusak Fitzgerald milik Angkatan Laut AS dilaporkan hilang setelah kapal AS tersebut bertabrakan dengan kapal dagang berbendera Filipina di perairan dekat Yokosuka Jepang sebagaimana yang diungkapkan Reuters.

Kapal perusak AS Fitzgerald milik Angkatan Laut AS bertabrakan dengan kapal dagang Filipina di perairan dekat Yokosuka Jepang terjadi pada hari Sabtu (17/06) sekitar pukul 02.30 dini hari waktu setempat.

Insiden tabrakan ini terjad di arah barat daya dari kota Yokosuka Jepang sekitar 20 km dari pantai pada 02.30 dini hari waktu setempat.

Kantor pers AL AS mengungkapkan bahwa kapal mereka mengalami kerusakan akibat tabrakan tersebut, namun kapal mereka masih bisa berlayar dengan tenaganya sendiri. Juru bicara AL AS mengungkapkan bahwa kapal AS tersebut sedang dalam perjalanan menuju pelabuhan Yokosuka dan berlayar dengan kecepatan 3 knot.

Kantor pers AL AS mengungkapkan bahwa “2 awak kapal AS mengalami luka-luka dan keduanya telah dievakuasi untuk mendapatkan perawatan medis, salah satu korban terluka ini adalah komandan kapal USS Fitzgerald, Bryce Benson yang telah dievakuasi ke rumah sakit AL AS di kota Yokosuka dan kondisinya dilaporkan stabil”.

Sesaat setelah insiden ini, kapal perusak USS Dewey, dua kapal tugboat dan sebuah pesawat milik AL AS dikerahkan menuju lokasi tabrakan. Selain itu AL AS juga mendatangi Jepang Coast Guaard untuk meminta bantuan.

Saluran televisi Jepang “NHK” melaporkan bahwa 7 awak kapal marinir AS dinyatakan hilang akibat insiden tabrakan, namun AL AS sejauh ini belum mengkonfirmasi hal ini di mana proses pemeriksaan keadaan awak kapal masih berlangsung.

Penyebab tabrakan ini masih dalam penyelidikan. Namun diketahui perairan dekat Yokosuka cukup sibuk dilewati kapal-kapal komersial yang kebanyakan berlayar dari dan menuju dua pelabuhan kontainer terbesar di Tokyo dan Yokohama. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: