Eropa

Jurnalis: Turki Akan Diguncang Kudeta Kembali

Jum’at, 24 Februari 2017 – 13.36 Wib,

SALAFYNEWS.COM, ANKARA – Seorang jurnalis di surat kabar Turki ‘Star’ yang dekat dengan pemimpin Partai Keadilan dan Pembangunan dan presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Jacob Kusa memperingatkan akan terjadinya kudeta di Turki pada bulan Maret mendatang. Ia menyebutkan pernyataan dari ketua partai sayap kiri Dogu Branchak yang berkata, “Akan ada api yang menyala di Turki pada bulan Maret mendatang”. (Baca: Siapa “Dalang” Kudeta Turki?)

Penulis Jacob Kusa mengatakan dalam artikel yang diterbitkan dalam surat kabar Star dengan judul “tandingan kudeta 28 februari telah berada di depan pintu”. Ia berkata “aku tidak melihat pertanda baik dan aku tidak berspekulasi apa-apa. Aku mengatakan ini bukan untuk menakuti kalian dan melemparkan ketakutan dalam hati kalian, namun ada suara-suara yang mulai bergema dari dalam sana yang mengisyaratkan akan terjadinya kudeta”, seperti dilansir Mepanorama (23/02). (Baca: Wawancara Jurnalis Turki di TV One: Kudeta Militer Turki Tidak Masuk Akal)

Kusa menunjukkan tentang penjelasan Dogu Branchak dimana ia mengatakan “Akan ada api yang menyala di Turki pada bulan Maret mendatang,”. Ia berkata “telah terungkap niat mereka! Kali ini mereka tidak berniat mengeluarkan tank-tank dan pasukan militer mereka di siang hari seperti kudeta pada 28 februari lalu atau pada malam hari seperti kudeta pada 15 juli lalu, namun mereka akan mengikuti tradisi lama : menyelesaikan semuanya sebelum orang-orang terbangun di pagi hari”.

Kusa menambahkan bahwa “saya tidak tau apakah mereka akan melakukan kudeta atau tidak, tapi saya tahu betul niat yang mereka rencanakan, dan ada persiapan-persiapan yang mereka lakukan untuk niat ini. Saya telah menulis berulang kali bahwa kalian tidak akan bisa melakukan sesuatu pada orang-orang yang mengancam mengubah negara kita menjadi lautan darah jika mereka menerapkan sistem presidensial. Kalian mungkin bisa menahan mereka, dan menginterogasi mereka untuk memperoleh informasi yang mengungkapkan adanya persiapan-persiapan untuk kudeta”. (Baca: Presiden Mesir: Erdogan adalah Alasan di Balik Kudeta Turki)

Ia melanjutkan “kita harus mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencegah sesuatu yang mengkin terjadi, tanpa melakukan intimidasi ataupun menakut-nakuti warga Anatolia yang tengah tidaur dan berkata “tidak akan terjadi apa-apa”. Karena pasukan militer telah bersiap-siap untuk menggunakan sepatu perang mereka lagi dan menunggu bulan Maret. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: