Fokus

Jokowi, Presiden yang Tak Bisa Disetir Pihak Lain

Presiden Indonesia Joko Widodo

JAKARTA – Ketua Umum (Ketum) Partai Hanura Oesman Sapta Odang (Oso) meyakini bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) lebih tahu tentang figur yang akan menjadi calon wakil presiden (Cawapres) untuk mendampinginya di Pemilu 2019. Kalaupun saat ini partai-partai politik menyodorkan nama untuk menjadi cawapres, Oso menganggapnya sah-sah saja karena keputusan akhirnya tetap ada di Jokowi.

Baca: Denny Siregar: Gaya Politik Jokowi Pusingkan Lawan dan Kawan

Menurut Oso, selama ini Jokowi telah menunjukkan diri sebagai figur yang tak bisa disetir pihak lain. Selain itu, Presiden Ketujuh RI itu juga bisa mengambil keputusan terbaik tanpa diintervensi.

“Jokowi itu memang begitu orangnya. Dia tidak bisa disetir-setir. Negara luar saja tidak bisa menyetir dia, apalagi dalam negeri,” kata Oso di gedung parlemen, Jakarta, Rabu (30/5).

Baca: Saiful Huda: Jokowi Jagonya Presiden Indonesia

Bahkan, Oso mengaku senang dan bangga karena Indonesia di luar negeri makin dihormati lantaran kehebatan Presiden Jokowi. “Dan itu spontan, diacungi jempol kalau ke luar negeri,” tegasnya.

Lebih lanjut Oso menuturkan, sampai saat ini sudah banyak yang meminta dukungan ke Partai Hanura agar bisa menjadi cawapres pendamping Jokowi. Namun, Oso enggan membeberkannya. “Itu rahasia karena belum saatnya. Kami akan bicara sama pemakai, siapa yang pemakai inginkan,” katanya.

Baca: Rizal Iqbal: Jokowi Presiden Pro Rakyat

Senator asal Kalimantan Barat itu pun mengaku tidak akan pernah percaya kepada siapa pun sebelum Jokowi sendiri yang memutuskan dan menyebut nama cawapresnya. “Selagi orang luar yang ngomong, bukan presiden langsung, saya tidak percaya tuh,” ungkapnya.

Menurut Oso, selama ini juga tidak ada kesepakatan dengan persetujuan Jokowi bahwa calon wakilnya harus dari unsur partai, perorangan, golongan tertentu atau lainnya. “Jokowi ini susah ditebak,” jelasnya. (SFA)

Sumber: PublikSatu

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: