Eropa

John Kerry Ungkap Raja Saudi dan Hosni Mubarok Rencanakan Membom Iran

Kamis, 22 Februari 2018 – 08.11 Wib,

SALAFYNEWS.COM, MUNICH – Mantan Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengungkapkan bahwa mantan Raja Saudi Abdullah bin Abdul Aziz dan mantan Presiden Mesir Hosni Mubarak telah berusaha membom Iran sebelum memulai dialog mengenai program nuklirnya.

Baca: Saudi, Bahrain Ciptakan Ribuan Akun Palsu Sebarkan Isu Sektarian Lawan Iran

Pangakuan Kerry datang saat menyampaikan pidato di konferensi keamanan Munich. Dia mengatakan bahwa Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa “Iran akan memiliki senjata nuklir setelah sepuluh tahun,” Kerry mengatakan bahwa “ini tidak benar,” dan menekankan bahwa perjanjian nuklir dengan mereka “harus diterapkan.”

Dia menambahkan “Asumsi ini tidak benar dan saya tidak setuju dengan hal itu, sementara Iran dapat menimbulkan bahaya lain, misalnya isu hak asasi manusia di wilayahnya.”

Baca: Iran Gagalkan Aksi Teror Akbar Arab Saudi

“Jika kita membatalkan kesepakatan dengan Iran, kita harus mengebomnya, dan itu yang tidak kita inginkan,” katanya.

Baca: Garda Revolusi Iran Sebut AS, Inggris, Israel dan Saudi Ciptakan Kerusuhan di Iran

Kesepakatan nuklir antara Iran dan negara-negara Barat mulai berlaku pada bulan Januari 2016. Kepala kebijakan luar negeri EU Federica Mugherini mengatakan bahwa Uni Eropa telah memutuskan untuk mencabut sanksi terhadap Iran.

Baca: Analis: Perseteruan di Timur Tengah Antara Iran VS Saudi, atau Iran VS Amerika Serikat?

Perlu dicatat bahwa Presiden AS Donald Trump mengatakan dalam pengumuman strategi barunya terhadap Iran pada November lalu, bahwa Washington tidak dapat mengkonfirmasi komitmen Iran terhadap kesepakatan nuklir, yang menggambarkan kesepakatan tersebut sebagai “kesepakatan terburuk yang diharapkan oleh Amerika,” dengan mengklaim bahwa “Teheran tidak mematuhi kesepakatan dua kali”. (SFA/Al-Mayadeen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: