Amerika

Jet Tempur Rusia Hajar Pos Militer Pasukan Elit AS dan Inggris di Suriah

Sabtu, 23 Juli 2016,

SALAFYNEWS.COM, WASHINGTON – Kantor berita Wall Street Journal (WSJ) menurunkan laporan yang menyebutkan bahwa pesawat-pesawat jet tempur milik Rusia lakukan pengeboman pada sebuah pos di seuah daerah terpencil di wilayah Suriah pada bulan lalu. Pos tersebut digunakan oleh pasukan elit Amerika Serikat (AS) dan Inggris. Serangan juga ditujukan kepada situs lain yang terkait dengan CIA.

Mengutip pernyataan dari para pejabat AS, WSJ menyatakan, serangan udara itu merupakan bagian dari upaya Moskow untuk menekan Washington guna bekerjasama lebih erat diatas langit Suriah. Serangan itu dilakukan pada pada 16 Juni dan 12 Juli lalu. (Baca: Media Amerika: Inilah “Perang” antara Amerika dan Rusia di langit Suriah)

Laporan itu menyatakan bahwa sebuah pasukan yang terdiri dari sekitar 20 pasukan khusus Inggris telah ditarik keluar sehari sebelum serangan yang pertama pada 16 Juni terjadi. Mereka kemudian ditempatkan di garnisun yang berjarak sekitar 16 km dari perbatasan Yordania di At-Tanf seperti dikutip dari Al Arabiya, Sabtu (23/7/2016).

Para pejabat AS dan komandan pemberontak mengatakan kepada WSJ bahwa pos tersebut di bom dengan menggunakan bom tandan. Laporan itu menyatakan bahwa usaha Amerika untuk menggagalkan serangan kedua Rusia terhadap pos tersebut juga menemui kegagalan. (Baca: Moskow: Kamilah yang Kehabisan Kesabaran atas Situasi di Suriah, bukan AS)

Sekitar tiga minggu kemudian, pada 12 Juli, pesawat tempur Rusia menghancurkan sebuah kamp pemberontak yang digunakan oleh anggota keluarga pejuang yang didukung CIA sekitar 50 mil sebelah barat dari At-Tanf, menurut laporan itu.

Militer dan pejabat intelijen AS mengatakan bahwa serangan tersebut telah memicu penolakan yang keras di Pentagon dan CIA terhadap rencana kerjasama dengan Rusia. Namun, Gedung Putih dan Departemen Luar Negeri berusaha untuk menghindari eskalasi militer dan memutuskan untuk berkompromi. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: