Eropa

Jet Rusia Paksa Pesawat Mata-mata AS Batalkan Misinya di Laut Hitam

Jet Rusia SU-27

Selasa, 30 Januari 2018 – 06.53 Wib,

SALAFYNEWS.COM, MOSKOW – Pesawat jet Su-27 Rusia memaksa pesawat pengintai Lockheed EP-3 Amerika untuk membatalkan misinya di Laut Hitam. Moskow mengatakan bahwa jet tersebut “mengambil semua tindakan pencegahan yang diperlukan,” sementara Pentagon menuduhnya sebagai “tidak aman”.

Baca: Balas Dendam Putin Kepada Amerika, Rusia Tetapkan 9 Media AS Sebagai Agen Asing

“Seluruh penerbangan Su-27 dilakukan sesuai dengan aturan internasional, dan tidak ada situasi darurat,” kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan.

Moskow mengatakan bahwa pesawat tersebut diacak saat benda terbang tak dikenal terdeteksi menuju perbatasan Rusia. Su-27 mendekati pesawat terbang dan mengidentifikasinya sebagai Angkatan Laut AS ЕР-3Е Aries II, pesawat pengintai yang biasa digunakan. Kementerian tersebut mengatakan bahwa jet tersebut menggiringnya “pada jarak yang aman” sebelum pesawat mata-mata tersebut mengubah arah dari wilayah udara Rusia.

Baca: WOW! Inilah Kapal Selam Nuklir Rusia Terbaru yang Ditakuti Amerika

Angkatan Laut AS merilis sebuah catatan kontras dari pencegatan, yang dikatakan berlangsung 2 jam 40 menit.

“Interaksi ini tidak aman karena penutupan Su-27 sampai lima kaki (1,5 meter) dan menyeberang secara langsung melalui jalur penerbangan EP-3, hingga menyebabkan EP-3 terbang melalui jet Su-27,” katanya dalam sebuah pernyataan. Ini menegaskan bahwa pesawat Amerika “tidak memprovokasi kegiatan Rusia” dan menyatakan bahwa tanggapannya “meningkatkan risiko salah perhitungan dan tabrakan di udara.”

Baca: Amerika dan Rusia Diambang Perang Besar

“Militer Rusia berada dalam haknya untuk beroperasi di wilayah udara internasional, namun mereka harus bersikap sesuai standar internasional yang ditetapkan untuk menjamin keselamatan dan mencegah insiden,” tambahnya. (SFA)

Sumber: RT

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: