Headline News

Javad Zarif: Keamanan dan Stabilitas Iran Ditentukan Rakyatnya Sendiri

Rabu, 03 Januari 2018 – 13.53 Wib,

SALAFYNEWS.COM, TEHERAN – Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan bahwa keamanan dan stabilitas Republik Islam bergantung pada rakyatnya sendiri, menambahkan bahwa “penyusup” tidak akan diizinkan untuk melanggar hak-hak rakyat Iran.

Baca: Pemimpin Iran: Musuh Gunakan Berbagai Cara untuk Serang Iran

“Keamanan dan stabilitas Iran bergantung pada rakyatnya sendiri, yang (tidak seperti rakyat di negara kawasan ‘sobat’ Trump)  memiliki hak untuk memilih dan melakukan demonstrasi,” kata Zarif dalam sebuah postingan di akun Twitter resminya, Selasa (02/01).

Ia menekankan bahwa orang-orang Iran akan melindungi “hak-hak mereka yang diperoleh dengan susah payah” dan tidak akan membiarkan penyusup “menyabotase hak-hak itu melalui kekerasan dan penghancuran.”

Sejak Kamis, kelompok pemrotes Iran melakukan demonstrasi di beberapa kota untuk menyuarakan kemarahan mereka akibat kenaikan harga dan kondisi ekonomi. Kekerasan sporadis meletus selama demonstrasi, menyebabkan sejumlah korban tewas.

Baca: Intelijen Iran Tangkap Sejumlah Agen Penyusup dalam Aksi Demo Anti Pemerintah

Trump memposting beberapa tweet untuk menyatakan dukungannya terhadap demonstrasi di Iran. Dalam tweet terbarunya pada hari Selasa, presiden AS tersebut mengatakan, “Orang-orang [Iran] memiliki sedikit makanan, inflasi besar dan tidak memiliki hak asasi manusia. AS sedang menonton!”.

Baca: Kelompok Takfiri dan Agen Asing Dibalik Demo Anti Pemerintah Iran

Cuitan Zarif ini diposting setelah Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Bahram Qassemi, mengecam tweet “menghina” Presiden Amerika Serikat Donald Trump tentang demonstrasi baru-baru ini di sejumlah kota Iran, memperingatkannya untuk jangan ikut campur dalam urusan dalam negeri Republik Islam. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: